Kota Madiun dapat 4.240 Vaksin Covid-19 Pada Tahap Dua Ini

Distribusi vaksin Covid-19 terus berjalan di Kota Madiun. Setidaknya, 4.240 dosis vaksin tiba di Kota Madiun, Sabtu Sore (30/1). Pendistribusian vaksin tahap kedua tersebut diterima Wali Kota Madiun Maidi di Gudang Perbekalan Kesehatan Kota Madiun. [sudarno]

Kota Madiun, Bhirawa
Distribusi vaksin Covid-19 terus berjalan di Kota Madiun. Pendistribusian vaksin tahap kedua, 4.240 dosis vaksin tiba di Kota Kota Madiun, Sabtu Sore (30/1), diterima Wali Kota Madiun Maidi di Gudang Perbekalan Kesehatan Kota Madiun yang menjadi tempat penyimpanan sementara. Ribuan jatah vaksin tersebut masih diprioritaskan untuk tenaga kesehatan dan medis.
“Alhamdulillah, hari ini datang lagi jatah vaksin untuk kota kita. Untuk pendistribusian tahap dua ini kita mendapat 4.240 vaksin,” kata Wali Kota Madiun, Maidi saat menyaksikann kedatangan vaksin covid-19, Sabtu sore (30/1).
Wali kota menyebut vaksinasi memang sudah berjalan di Kota Madiun sejak kedatangan vaksin tahap pertama beberapa waktu lalu. Vaksinasi langsung diberikan kepada tenaga kesehatan dan medis sebagai prioritas pertama.
Pun, jumlahnya cukup banyak. Setidaknya, terdapat 3.955 orang sesuai sistem informasi SDM kesehatan. Nah, vaksin tahap kedua ini masih untuk tenaga kesehatan dan medis untuk vaksinasi tahap kedua.
“Setiap orang kan dapat jatah dua kali vaksinasi. Yang ini nanti juga masih untuk tenaga kesehatan. Tidak usah khawatir, pendistribusian vaksin pastinya terus berjalan,” jelasnya.
Bahkan, pendistribusian vaksin lebih cepat dari perkiraan. Pengiriman vaksin tahap kedua diperkirakan minggu depan. Namun, vaksin tahap kedua tersebut sudah dikirim empat hari berselang dari pengiriman pertama.
Pengiriman memang dilakukan bertahap menyesuaikan kapasitas penyimpanan hingga kemampuan vaksinator. ”Kalau proses vaksinasi bisa cepat, kapasitas tempat penyimpanan longgar, vaksin bisa langsung dikirim lagi. Ini kita upayakan cepat agar vaksinasi juga segera sampai ke masyarakat,”kata Wali Kota Berharap.
Seperti diberitakan, Kota Madiun mendapat jatah 3.040 vaksin pada pengiriman pertama, Selasa (26/1) lalu. Proses vaksinasi berjalan sehari setelahnya. Wali Kota Madiun bersama Forkopimda, tokoh agama, dan perwakilan organisasi profesi dilakukan vaksinasi kali pertama. Vaksinasi lantas berlanjut di 13 fasilitas kesehatan di Kota Madiun dengan sasaran tenaga kesehatan dan medis. [dar]

Tags: