KPU Jatim Tegaskan PSU Tak Ganggu Jadwal Tahapan Pemilu 2024

Kantor KPU Jatim

KPU Jatim, Bhirawa
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Aang Khunaifi menegaskan Pemilihan Suara Ulang (PSU) yang digelar tidak akan menganggu jadwal tahapan Pemilu 2024. Karena itu, proses rekapitulasi akan terus berjalan sesuai jadwal.

“PSU digelar selambat-lambatnya tanggal 24 Februari 2024 dan tidak menganggu proses tahapan pemilu,” katanya usai usai serah terima jabatan dari KPU Jatim periode 2019-2024 ke KPU Periode 2024-2029 di kantor KPU Jawa Timur, Kamis (22/2).

Total ada 27 TPS yang tersebar di 9 Kabupaten/kota di Jawa Timur direkomendasikan untuk menggelar PSU pada Pemilu 2024. Sembilan daerah itu yakni Bangkalan, Surabaya, Kota Malang, Kota Probolinggo, Jombang, Kota Madiun, Sampang, Trenggalek dan Sumenep.

Dari daerah tersebut, lanjut dia, Surabaya menjadi daerah dengan rekomendasi PSU terbanyak yakni di 9 TPS.

Sebelumnya Insan Qoriawan komisioner KPU Jawa Timur menyebutkan, beberapa TPS yang direkomendasikan, sudah menggelar PSU. Jadi secara teknis pelaksanaan PSU tidak serentak. Pelaksanaan PSU dilakukan dibeberapa TPS sesuai kajian dan rekomendasi dari Bawaslu.

Disampaikan Insan, KPU Jawa Timur menerima banyak rekomendasi dari Bawaslu untuk pelaksanaan PSU. “Ada beberapa hal yang di PSU. KPU menerima banyak rekomendasi, dipelajari dan ditampung,” terang dia. [geh.iib]

Tags: