KPU Kab.Jember Umumkan DPS Pilkada 2015

Ketua KPU Jember Ahmad Anis saat meyerahkan DPS kepada salah satu Panwaslih Kab. Jember Nur Elya Anggraeni.

Ketua KPU Jember Ahmad Anis saat meyerahkan DPS kepada salah satu Panwaslih Kab. Jember Nur Elya Anggraeni.

Kab.Jember, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jember 2015 ini. Pengumuman itu disampaikan oleh KPU seusai melakukan entri data DPS hasil pemutakhiran data yang sebelumnya berbentuk Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Jember.
“Dalam Pilkada 2015 – 2020 ini, jumlah pemilih laki – laki sebanyak 955.346 orang, jumlah pemilih perempuan sebanyak 975.517 orang. Sehingga total jumlah pemilih dalam DPS sebanyak 1.930.863 orang,” kata Divisi Teknis dan Data KPU Jember, Habib M. Rohan saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPS Pilkada Jember tersebut, kemarin.
Berdasarkan data DPS itu pula disampaikan, jumlah pemilih pemula dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jember periode 2015 – 2020 ini sebanyak 27.8686 orang. Dengan rincian jumlah pemilih pemula berjenis kelamin laki – laki sebanyak 13.800 orang. Sedangkan jumlah pemilih pemula berjenis kelamin perempuan sebanyak 14.064 orang..
KPU juga mencantumkan jumlah pemilih difabel dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar 9 Desember 2015 mendatang itu. Untuk difabel kategori 1 berjumlah 423 orang, difabel kategori 2 sebanyak 256 orang. “Difabel kategori 3 sebanyak 213 orang, difabel kategori 4 sebanyak 395 orang dan difabel kategori 5 sebanyak 237 orang,” paparnya.
Menurut Rohan, DPS ini merupakan hasil pemutakhiran data mulai dari tingkat desa hingga tingkat Kabupaten. “Setelah selesai pengumuman DPS, KPU akan melakukan pemutakhiran data kembali untuk selanjutnya ditetapkan sebagai DPT (Daftar Pemilih Tetap),” ungkap Rohan.
Sementara itu, Komisioner Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Jember, Nur Elya Anggraeni mengungkapkan, dalam proses pemutakhiran daftar pemilih ini pihaknya akan terus melakukan pengawasan hingga ke tingkat bawah.”Banyak masukan dari Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) terkait hal ini. Kami tentunya berharap agar daftar pemilih merupakan data pemilih tervalid,” katanya.
Ely menginginkan agar setiap pihak baik penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu bisa bersinergi dengan baik dalam menjalankan tugasnya. Dia mencontohkan dengan kejadian di Kecamatan Puger.
“Disana, dalam pemutakhiran daftar pemilih, beberapa anggota PPK setempat berkonsultasi dengan PPL (Panitia Pengawas Lapangan) di tingkat desa. Ini salah satu contoh positif agar kita semua juga bisa bersinergi lebih baik lagi ke depan,” tandas Ely sapaan singkat Nur Elya Anggraeni.
KPU Lamongan
Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamongan, juga telah memplenokan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kabupaten Lamongan Pilkada 2015. Hal itu dilakukan sesuai dengan tahapan Pilkada yang telah direncanakan.
Sesuai dengan hasil Pleno Daftar Pemilih Sementara,Ketua KPU Kabupaten Lamongan Imam Ghazali saat dikonfirmasi Bhirawa, Kamis(3/9) via Telephone genggamnya menyebutkan, untuk Jumlah DPS Laki-laki totalnya 537.908 sementara itu, untuk jumlah DPS Perempuan 551.829 sehingga jika di total jumlanya 1.089.737. Sedangkan untuk teknis TPS  Dari  27 Kecamatan di Kabupaten Lamongan,terdapat 474 Desa dengan jumlah TPS sebanyak 2.557. [efi,mb9]

Tags: