KPU Kabupaten Malang Tetapkan Jumlah DPT di Pilbup Malang 2020

Divisi Sosialisasi Pendidikan dan Pemilihan dan SDM KPU Kab Malang Marhendra Pramudya Mahardika. [cahyono/Bhirawa]

Kab Malang, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang sudah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang 2020, yang akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia, pada 9 Desember 2020 mendatang.  

Divisi Sosialisasi Pendidikan dan Pemilihan dan SDM KPU Kabupaten Malang Marhendra Pramudya Mahardika, Minggu (18/10), kepada wartawan mengatakan, dari hasil rapat pleno terbuka, pada beberapa hari lalu, KPU telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Malang sebanyak 2.003.608 orang. Sedangkan jumlah DPT tersebut tersebar di 390 desa dan 12 kelurahan, yang tersebar di 33 kecmatan. “KPU sudah melakukan verifikasi secara ketat hingga detik-detik terakhir sebelum jumlah DPT ditetapkan,” ujarnya.

Menurutnya, dalam verifikasi DPT kita teliti satu persatu jumlahnya, karena jumlah DPT di Pilkada Kabupaten Malang 2020 tentu saja berbeda dengan jumlah DPT pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Hal itu dikarenakan ada pemilih baru atau pemilih pemula, dan juga ada pula yang sudah tidak masuk dalam DPT karena sudah meninggal dunia. Sedangkan dalam Pilkada Kabupaten Malang kali ini ada peningkatan DPT, jika dibandingkan jumlah DPT pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 dan Pilpres 2019.

“Seperti pada Pilgub 2018, jumlah DPT di Kabupaten Malangt hanya sebanyak 1.966.373 orang. Sedangkan pada Pilpres lalu jumlah DPT-nya sebanyak 1.996.857 orang. Dan untuk Pilkada Kabupaten Malang 2020 ada penambahan jumlah DPT sebanyak 2.003.608 orang,” terang Marhendra.

Dijelaskan, penambahan jumlah DPT itu, disebabkan beberapa faktor, diantaranya banyaknya jumlah pemilih pemula dan warga pindahan dari daerah lain. Sehingga jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan angka kematian dan warga yang pindah ke daerah lain. Sedangkan untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Malang, jumlahnya mencapai 4.999 titik. Dan penambahan jumlah TPS tersebut seiring dengan adan Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

“Tujuan penambahan DPT di Pemilihan Bupati (Pilbup) Malang tersebut, agar untuk meminimalisir kerumunan orang saat mencoblos Pasangan Calon (Paslon) Bupati Malang dan Wakil Bupati Malang di masing-masing TPS,” terang Marhendra. [cyn]

Tags: