KPU Kabupaten Sumenep Belum Tetapkan Paslon Terpilih

Komisioner KPU Sumenep, dr. Rahbini

Sumenep, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep belum menetapkan pasangan calon (Paslon) terpilih di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020. Pasalnya, hingga sekarang, KPU setempat belum menerima Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK) melalui KPU RI.

Komisioner KPU Sumenep, dr. Rahbini mengatakan, meski sudah menyelesaikan rekapitulasi suara tingkat kabupaten beberapa pekan lalu, tapi pihaknya mengaku belum bisa menetapkan paslon terpilih lantaran masih menunggu BRPK yang dikeluarkan oleh MK.”Kami masih menunggu Buku Register Perkara Konstitusi itu. Kami terus berkoordinasi dengan KPU RI dan KPU RI yang komunikasi dengan MK,” kata Rahbini, Selasa (5/1).

Menurutnya, BRPK itu sebagai dasar penetapan calon terpilih tersebut. MK akan memberikan BRPK kepada KPU yang menyelenggarakan Pilkada serentak di 9 Desember 2020. Saat ini KPU Sumenep hanya menunggu dasar hukum penetapan paslon terpilih tersebut. “Kalau sudah menerima BRPK itu, KPU Sumenep langsung akan melaksanakan tahapan berikutnya, salah satunya penetapan paslon itu. Jadi, untuk saat ini sifatnya kami hanya menunggu informasi dari KPU RI,” ucapnya.

KPU Sumenep telah melaksanakan Pilkada serentak bersama sejumlah daerah lainnya di Jawa Timur. Dalam Pilkada serentak 2020, di Sumenep diikuti oleh dua pasangan calon yaitu Achmad Fauzi – Nyai Hj. Dewi Khalifah (nomor urut 1) dan pasangan Fattah Jasin – KH. Ali Fikri (nomor urut 2). Pasangan Achmad Fauzi – Hj. Dewi Khalifah diusung PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Bulan Bintang (PBB). Sedangkan pasangan Fattah Jasin – KH. Ali Fikri diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan Golkar sebagai partai pendukung.

Hasil rekapitulasi tingkat kabupaten, dari total suara sah sebanyak 616.552 dan sebanyak 7.300 suara tidak sah. Dari suara sah itu, pasangan calon nomor urut 01, Ach. Fauzi-Hj. Dewi Khalifah memperoleh 319.876 suara dan nomor urut 02, Fattah Jasin-KH. Ali Fikri memperoleh 296.676 suara atau paslon 01 lebih unggul 23.200 suara dibanding rivalnya, 02. [Sul]

Tags: