KPU Kota Pasuruan Petakan Titik Pemasangan APK

Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari. [bhirawa/hilmi husain]

Kota Pasuruan, Bhirawa.
Hari ini, Selasa (28/11) tahapan kampanye Pemilu 2024 dimulai. KPU Kota Pasuruan sudah mulai memetakan sejumlah titik pemasangan alat peraga kampanye (APK) di wilayahnya.

Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari menyatakan pihaknya menetapkan lokasi pemasangan APK di empat kecamatan. Total titiknya di wilayah Kota Pasuruan mencapai 115 titik.

“Kita berharap agar semuanya bisa mematuhi serta tak memasang di luar titik yang sudah ditentukan,” ujar Royce Diana Sari, Selasa (28/11).

Sedangkan ratusan titik lokasi yang srategis itu sangatlah strategis dan representatif. Yakni, rinciannya di Kecamatan Panggungrejo ada 40 titik yang meliputi 13 kelurahan, Kecamatan Bugul Kidul 19 titik meliputi 6 kelurahan dan untuk Kecamatan Purworejo 30 titik meliputi 7 kelurahan serta Kecamatan Gadingrejo 26 titik meliputi 8 kelurahan.

“Para peserta pemilu harus mematuhi ketentuan lokasi pemasangan APK yang telah ditetapkan. Nanti Bawaslu yang berwenang menindak,” jelas Royce Diana Sari.

KPU juga mengatur soal penyebaran bahan kampanye seperti selebaran, brosur, pamflet, poster, stiker, kalender serta bahan kampanye lainnya.

Tak hanya itu, KPU mengimbau peserta pemilu dalam memasang APK tetap mematuhi ketentuan lain di luar PKPU seperti peraturan daerah.

Lalu, mempertimbangkan etika, estetika, kebersihan, sesuai ketentuan perundang-undangan dalam memasang APK. “Peserta pemilu diharapkan mematuhi ketentuan itu. Sedangkan bahan kampanye, ukuran selebaran, brosur, pamflet, poster, yang disebarkan sudah diatur di PKPU,” tambah Royce Diana Sari.n [hil.dre]

Tags: