KPU Minta Ganti Surat Suara Pilpres Rusak

SURAT-SUARA-RUSAK-KUDUS-250214-Andreas-Fitri-Atmoko-antaraKota Mojokerto, Bhirawa
Kerusakan logistik Pemilu Presiden (Pilpres) terjadi di wilayah Kota Mojokerto. Ratusan surat suara yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto dari KPU Provinsi Jatim diketahui rusak.
Kerusakan surat suara diketahui saat penyortiran sekaligus pelipatan surat suara. Kerusakan pada surat suara bervariasi mulai adanya bercak tinta di gambar Calon Presiden (Capres), robek hingga terlipat.
Kemungkinan ada ratusan dan bisa bertambah lantaran penyortiran dan pelipatan belum selesai,” kata Ketua KPU Kota Mojokerto, Saiful Amin, Rabu (25/6) kemarin.
Lebih lanjut, Amin mengatakan, jumlah surat suara yang rusak nantinya akan dihitung pasti jumlahnya. Selanjutnya akan dibuatkan berita acara untuk dikirimkan ke KPU Provinsi dan KPU pusat. Akan dibuatkan berita acara agar segera diganti.
Ditambahkan Amin, setelah tahap penyortiran yang dilakukan sekitar 17 orang ini, pihaknya akan melakukan pendataan kebutuhan surat suara per TPS. ”Pendistribusian akan dilakukan H-1,” ujarnya.
KPU Kota Mojokerto menerima sekitar 96 ribu surat suara. Jumlah itu lebih banyak 2% dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di kota dua kecamatan itu yakni sebesarĀ  94.528 yang tersebar di 236 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selain itu KPU Kota Mojokerto juga menerima 1.000 surat suara tambahan untuk mengantisipasi adanya Pemilihan Ulang. Sedangkan untuk logistik Pilpres, KPU telah menerima tinta dan surat suara. [kar]

Tags: