KPU Rekapitulasi Suara di Hotel

Suprihno

Suprihno

Tulungagung, Bhirawa
Rencananya KPU Tulungagung bakal melakukan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, Sabtu (19/4). Rekapitulasi akan berlangsung di Hotel Crown Victoria Kota Tulungagung.
Ketua KPU Tulungagung, Suprihno SPd MPd, pada Bhirawa, Rabu (16/4), mengungkapkan sesuai jadwal yang telah ditetapkan, KPU Tulungagung berencana menyelenggarakan rekapitulasi penghitungan suara Pileg 2014 pada lusa, Sabtu (19/4). “Kami sudah menetapkan tanggal 19 April untuk melakukan rekapitulasi penghitungan suara Pileg 2014. Ada pun tempatnya di Hotel Crown,” katanya.
Saat ini, lanjut dia, rekapitualsi penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah selesai semua. Dan yang terakhir selesai adalah PPK Gondang. “Tadi pagi subuh selesai rekapitulasi penghitungan di PPK Gondang. Jadi sekarang sudah selesai semua rekapitulasi di tingkat PPK,” paparnya.
Soal pemilihan lokasi hotel sebagai tempat rekapitulasi penghitungan suara Pileg 2014, alumni Universitas Jember (Unej) ini menyebut alasan keamanan. Hotel dinilai lebih aman daripada di Kantor KPU Tulungagung.
“Faktor keamanan yang menjadi alasan  utama kami melakukan rekapitulasi penghitungan suara di hotel. Kalau di kantor selain dinilai kurang aman juga di kantor sekarang banyak logistik kotak suara yang kembali ke KPU,” paparnya lagi.
Memang kemarin sudah banyak kotak suara yang kembali ke Kantor KPU Tulungagung. Kotak-kotak surat suara itu diangkut lima truk KPU Tulungagung dari setiap PPK yang telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara.
Setiap kotak yang datang kembali ke Kantor KPU Tulungagung kemudian disimpan di gudang penyimpanan. Selain itu ada pula yang disimpan di halaman kantor dengan meletakkan bagian atas kotak di bawah. Hal ini untuk menghindari terisinya kotak suara oleh air saat hujan turun.
Menjawab pertanyaan, Suprihno mengatakan rekapitulasi penghitungan suara Pileg 2014 bisa jadi berlangsung lebih dari satu hari. “Kita lihat saja nanti. Kami tidak bisa memperkirakan berapa hari pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara. Yang pasti harus sampai selesai,” terangnya sembari tersenyum.
Soal apakah seusai acara rekapitulasi penghitungan KPU Tulungagung sudah bisa menetapkan hasil Pileg 2014 dengan penetapan kursi anggota DPRD setempat, Suprihno mengatakan hal itu belum dapat dilakukan. Penetapan kursi untuk DPRD Tulungagung baru akan dilakukan setelah penetapan nasional yang dilakukan oleh KPU Pusat. “Penetapan kursi untuk Kabupaten Tulungagung jadwalnya antara tanggal 11-13 Mei 2014,” bebernya.
Seperti diketahui, jadwal rekapitulasi penghitungan suara Pileg 2014 sudah dijadwal oleh KPU Tulungagung mulai tanggal 19-21 April 2014. Kemudian penyampaian ke KPU Jatim mulai tanggal 20-22 April 2014. [wed]

Rate this article!
Tags: