KPU Sampang Minta Pemilih Bawa Surat Pemberitahuan dan e-KTP ke TPS

Proses Penyerahan Logistik Pemilu 2024 Oleh PPK dan Panwascam, Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang.

Sampang, Bhirawa.
Ketua KPU Kabupaten Sampang, Addy Imansyah mengatakan, berkas pertama yang harus dibawa adalah surat pemberitahuan atau formulir model C6.

“Surat ini diberikan kepada Pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT,” terang Addy Imansyah saat dikonfirmasi, Minggu, (11/2/2024). Surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih Model C tandas Addy, akan diterima oleh pemilih paling lambat tiga hari sebelum pemungutan suara, 11 Februari 2024.

Surat berukuran setengah lembar A4 itu akan diberikan oleh KPPS langsung kepada pemilih yang bersangkutan. Jika tidak bertemu, petugas KPPS akan menitipkan surat pemberitahuan tersebut kepada kerabat atau orang yang tepercaya.

“Apabila pemilih belum menerima surat pemberitahuan hingga satu hari sebelum pemungutan suara, pemilih bisa menghubungi atau mendatangi ketua KPPS setempat,” pinta Addy.

Lebih jauh Addy mengutarakan, jika pemilih memiliki kesibukan hingga tidak sempat menghubungi ketua KPPS, pemilih tetap bisa datang ke TPS pada hari pemungutan suara, 14 Februari 2024, tanpa membawa surat pemberitahuan.

“KPPS akan mengecek data pemilih di Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) dan memberikan surat pemberitahuan saat pemilih berada di TPS,” tukasnya.

Berkas kedua yang harus ditunjukkan sebelum pencoblosan tambah Addy, adalah Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Meski sudah terdaftar di DPT, pemilih diwajibkan membawa e-KTP sebagai bukti identitas diri.

“Apabila pemilih yang sudah terdaftar di DPT namun belum memiliki e-KTP, pemilih wajib membawa surat keterangan (suket) perekaman e-KTP yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” pungkas ujar Addy Imansyah. [lis.dre]

Tags: