KPU Siapkan Lima Ribu Surat Suara

 Mundzar Fahman

Mundzar Fahman

Bojonegoro, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Bojonegoro memastikan meyediakan sebanyak 5.000 lembar surat suara khusus untuk pemilu ulang. Surat suara khusus tersebut, jika pemungutan suara pada 9 April tidak berjalan sebagaimana mestinya.
Untuk surat suara pemilu ulang, masing-masing daerah pemilihan akan mendapatkan sebanyak 1.000 lembar. Seperti di Kabupaten Bojonegoro ada 5 dapil berarti jumlahnya 5.000 lembar. “Surat suara itu tidak ikut di distribusikan ke PPK. Selama ini surat suara itu diamankan di KPUK setempat,”¬† ujar Ketua KPUK Bojonegoro, Mundzar Fahman, Kamis (10/4).
Mundzar¬† menjelaskan, bentuk secara fisik surat suara untuk pemilu ulang dengan surat suara dicetak sama sesuai dapil masing-masing. Selain itu lipatannya juga sama, akan tetapi surat suara pemilu ulang terdapat tanda pada lembar kertas, sementara surat biasa tidak. “Surat suara ini tidak didistribusikan ke semua tempat pemungutan suara, tetapi disimpan di KPU, dan baru akan digunakan jika sudah ada kepastian akan diadakannya pemilu ulang,” jelas Mundzar.
Mundzar menambahkan, dalam penggunaannya harus melalui beberapa kriteria atau syarat tertentu misalnya terjadi bencana, atau adanya keberatan yang diputuskan untuk pemilu ulang. “Penyediaan surat suara pemilu ulang merupakan kebijakan baru yang belum ada dalam pemilu sebelumnya, termasuk jumlahnya seribu lembar per dapil itu juga sesuai arahan dari KPU RI,” pungkasnya.
Sementara diketahui, di TPS 05 Kelurahan Jetak, jumlah surat suara sebanyak 378 lembar dan teridentifikasi sudah di coblos sebanyak 129 surat suara. Surat suara yang tercampur dari dapil satu dan dapil dua itu berwarna hijau atau surat suara untuk Caleg DPRD Kabupaten Bojonegoro. Saat ini surat suara yang tercampur itu masih tersisa 175 surat suara untuk dapil satu dan 72 untuk dapil dua.
Selain di TPS 05 Kelurahan Jetak, juga terjadi di Desa Pacul TPS 09, Desa Sukorejo TPS 14, Kelurahan Ledok Kulon dan TPS di Kelurahan Kepatihan. [bas]

Rate this article!
Tags: