Kriminalitas Menurun, Perkara Narkoba Justru Meningkat di Kota Batu

Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo SIK MH saat memeriksa barang bukti narkoba yang saat ini diamankan di Mapolres Batu, Selasa (29/12)

Kota Batu, Bhirawa.
Di tahun ini tindak kejahatan atau kriminalitas yang terjadi dan ditangani Polres Batu mengalami penurunan. Hal ini bisa menjadi daya dongkrak untuk menaikkan kembali sektor pariwsata Kota Batu yang sempat terpuruk akibat Covid-19. Namun harus dilakukan antisipasi juga oleh polres karena angka penyalahgunaan narkoba mengalami kenaikan di Kota Wisata ini.

Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo, SIK, MH mengatakan bahwa di tahun 2019 lalu, Polres Batu menangangi sedikitnya 288 kasus kriminalitas. Namun di tahun ini jumlah tersebut mengalami penurunan dua persen atau sebanyak 283 kasus. Dari jumlah kasus tersebut, tingkat penyelesaian perkara mencapai 75 persen.

“Kejahatan konvensional didominasi kasus Curat dan Curanmor sebanyak 89 kasus, Pencurian sebanyak 20 kasus , Kasus perlindungan anak 14 kasus dan penganiayaan ringan sebanyak 12 kasus,”jelas Kapolres dalam konferensi pers di Mapolres Batu, Selasa (29/12).

Penurunan juga terjadi kasus kecelakaan lalu- lintas. Sepanjang tahun 2020 terjadi sebanyak 190 kecelakaan dengan korban meninggal 24 orang, luka berat 15 dan luka ringan 205 orang. Angka ini mengalami penurunan sebesar 25,7 persen dibandingkan tahun 2019.

“Untuk TKP dari kecelakaan paling banyak terjadi wilayah barat, yaitu di Kecamatan Pujon, Kasembon dan Ngantang. Memang kawasan ini banyak memiliki spot spot laka lantas,”jelas Catur.

Meskipun angka kriminalitas dan laka lantas mengalami penurunan namun jangan sampai membuat Polres Batu lengah. Karena di tahun ini angka kasus kejahatan narkoba justru mengalami kenaikan. Diduga hal ini juga sebagai dampai dari adanya pandemi Covid-19. Banyak warga yang terdampak corona mengalihkan masalah yang dialami ke dunia narkoba.

“Dalam catatan Polres Batu, di tahun 2019 Satresnarkoba berhasil mengungkap sebanyak 59 kasus narkoba. Dan di tahun ini jumlah kasus narkoba mengalami peningkatan 68 kasus atau naik sebanyak 19,64 persen. Hal ini mengindikasikan bahwa peredaran narkoba di wilayah Kota Batu masih marak terjadi dan perlu diwaspadai.
Dalam rangka cipta kondisi Kamtibmas yang kondusif,” lanjut Kapolres,

Pihaknya telah melakukan langkah-langkah strategis. Di antaranya adalah perang terhadap narkoba dan peredaran miras ilegal. Dalam setahun terakhir Polres Batu telah mengungkap 15 kasus miras dengan barang bukti mencapai ribuan botol miras berbagai merek.(nas)

Tags: