Kualitas 20 Sekolah Negeri di Sidoarjo Dipantau

5-foto kualitas sekolah-ali-2Sidoarjo, Bhirawa
Untuk meningkatkan kualitas pelayanan public di daerahnya, setiap tahun Pemkab Sidoarjo selalu memantau dan mengevaluasi kinerja yang dilakukan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Tahun 2014 ini, Bagian Organisasi sebagai koordinator pelayanan publik di Sidoarjo mengambil sample di lingkungan sekolahan negeri.
”Kami perlu melakukan pemantauan dan evaluasi ini, agar senantiasa terus dapat meningkatkan kualitas pelayanan public dari instansi pemerintah kepada masyarakat, kalau ini tercapai maka akan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat pada Pemerintah,” jelas Kabag Organisasi Pemkab Sidoarjo, Drs Ahadi Yusuf MSi, Selasa (13/5) kemarin.
Untuk pelaksanaan pemantauan ini, kata Yusuf segera dimulai pada awal Bulan Juni 2014. Jumlah sekolahan yang akan dipantau sebanyak 20. Yaitu mulai SMPN, SMAN dan SMKN.
Sementara itu tentang teknis penilaian ini, disampaikan Drs Ahmad Sultoni, Kasubag Tata Laksana, Bagian Organisasi Pemkab Sidoarjo, usai memimpin rapat koordinasi tim penilaian pelayanan publik 2014 ini.
Aspek yang akan dipantau untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di sekolah-sekolah negeri itu, diantaranya meliputi, aspek visi, misi dan motto, aspek pelayanan, aspek sistim mekanisme,  aspek SDM, aspek penanganan pengaduan, aspek indek kepuasan masyarakat, aspek sistim informasi layanan publik, aspek produktivitas pencapaian target layanan, aspek inovasi pelayanan dan aspek kontribusi pendapat masyarakat.
Penilaian pelayanan publik tahun ini, menurut Sulton, selain sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di SKPD di Sidoarjo, juga sekaligus mempersiapkan adanya kompetisi pelayanan pelayanan publik tingkat Jatim 2014, yang akan berjalan sekitar Bulan Agustus 2014.
”Khusus sekolahan yang dapat nilai tertinggi 1 dan tertinggi 2,  akan kita usulkan untuk mengikuti kompetisi pelayanan publik tingkat Jatim ini,” kata Sulton.
Penilaian pelayanan publik pada SKPD di Sidoarjo, kata Sulton, harapannya juga agar banyak SKPD yang bisa melahirkan inovasi baru dalam pelayanan publiknya. Karena dengan semakin banyak SKPD di Sidoarjo yang punya inovasi pelayanan publik, maka akan semakin mempermudah, mempercepat dan tak menghambat pelayanan publik pada masyarakat Sidoarjo maupun masyarakat lainnya. [ali]

Keterangan Foto : Tim dari Pemkab Sidoarjo sedang melakukan rapat koordinasi untuk memantau dan mengevaluasi kinerja SKPD tahun 2014 ini. [alikusyanto/bhirawa]

Tags: