Kurang Personel, Satpol PP Pemkab Sidoarjo Rekrut 45 Banpol

Anggota Linmas dari tenaga Bapol Sidoarjo, membantu menyeberangkan anak sekolah di MINU Pucang.n alikus/bhirawa.

Sidoarjo, Bhirawa
Untuk menambah kekurangan jumlah personil, Satpol PP di Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2020, kembali telah merekrut 45 orang personil yang statusnya sebagai THL Banpol atau pembantu Pol PP.
Tetapi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2020 ini, personil Banpol tersebut tidak hanya bertugas sebagai petugas Satpol PP saja. Namun juga ada yang diberdayakan menjadi anggota Linmas atau perlindungan masyarakat.
Data yang didapat dari Satpol PP Kab Sidoarjo, 45 Banpol itu diberdayakan sebagai petugas Satpol PP sebanyak 23 orang dan diberdayakan sebagai personil Linmas sebanyak 22 orang.
Menurut Plt Kabid Perlindungan Masyarakat Satpol PP Kab Sidoarjo, drs Udin Samsul Hari, sebanyak 22 orang personil Banpol yang bertugas sebagai anggota Linmas tersebut, untuk saat ini masih diberdayakan tiap pagi hari dan siang, untuk membantu kelancaran lalu lintas di tengah kota Sidoarjo.
“Misalnya menyeberangkan anak sekolah atau menyeberangkan jalan bagi siapa saja yang merasa kesulitan untuk melakukannya,” jelas Udin, Jum at (14/2) akhir pekan lalu.
Hal tersebut dilakukan karena kondisi lalu lintas di tengah Kota Sidoarjo sangat ramai dan padat dengan kendaraan yang melintas. Apalagi tidak semua orang yang menyeberang jalan kadang bisa melakukannya. Bisa karena yang bersangkutan sudah tua atau masih anak-anak.
Petugas Banpol namun berseragam petugas Linmas ini, jadwal kegiatannya dibuat 2 sesi. Pertama mulai pukul 6 sampai 9 pagi. Kemudian mulai pukul 11 sampai 2.30 siang.
“Sedangkan 23 orang Banpol yang bertugas sebagai Satpol PP, kita berdayakan ikut bersama anggota Satpol PP lainnya dalam melakukan kegiatan penertiban,” kata Udin, yang juga sebagai Kasi Bina Potensi Masyarakat Satpol PP Sidoarjo itu.
Namun kata Udin, nantinya 23 orang personil Banpol PP itu, secara bergilir akan diberdayakan juga sebagai petugas Linmas. Supaya semua bisa tahu dan merasakan semua tugas.
“Tidak apa-apa, apalagi usia dari anggota Banpol PP itu, masih energik. Sebab usia mereka mulai dari 18 tahun sampai 22 tahun,” ujarnya. (kus)

Tags: