Kurangi Angka Pengangguran, Disnaker Bondowoso Gelar Job Market

Purno Winardi, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja. (Ihsan Kholil/Bhirawa)

Bondowoso, Bhirawa
Untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bondowoso, Disnaker menyelenggarakan Job Market, di BLK (Balai Latihan Kerja) yang beralamat di Jalan Raya Bondowoso-Situbondo Kecamatan Tenggarang Bondowoso, Kamis (14/11). Dengan melibatkan 30 perusahaan baik negeri maupun swasta.
Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Purno Winardi mengatakan, ada 1141 lowongan untuk semua posisi. Job Market ini, kata dia, cukup efektif mengurangi angka pengangguran. Dengan menargetkan, tahun ini 6000 warga bisa terentaskan dari pengangguran. “Salah satunya melalui Job Market ini, dan juga pelatihan wirausaha,” kata Purno saat dikonfirmasi, di acara Job Market.
Menurut Purno, melalui kegiatan job market ini otomatis untuk mengurangi angka kemiskinan yang masih berada di angka 14,39 persen. Karena tahap awal job market pada pada Bulan Juli kemarin, ada 50 persen atau 453 pelamar yang berhasil diterima oleh perusahaan. “Masalah sebenarnya kadang pelamar memaksakan. Tidak sesuai ijazahnya kadang dipaksakan ya tidak diterima,” jelasnya.
Sementara angka pengangguran terbuka di Kabupaten Bondowoso, hingga akhir Tahun 2019 mencapai 17.000. Angka ini dipastikan terus bertambah. “Yang jelas angka pengangguran ada kenaikan. Kan setiap tahun angkatan kerja kan pasti bertambah. Baik lulusan sekolah, dari usia kan otomatis,” terangnya.[san]

Tags: