Lagi, Kota Madiun Borong Penghargaan Bidang Kesehatan

Kota Madiun kembali memborong penghargaan di bidang kesehatan lingkungan yang diserahkan Wakil Menteri Kesehatan, dr Dante Saksono Harbuwono kepada Wali Kota Madiun, Maidi bersamaan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Hotel Discovery Ancol Taman Impian Jaya Ancol Jakarta, Rabu (23/11).

Dapat Tiga Kategori STBM dan Lapak Higiene Tingkat Nasional

Kota Madiun, Bhirawa
Rentetan penghargaan bidang kesehatan yang didapat Kota Madiun pertengahan November lalu kembali terulang. Kota Madiun kembali memborong penghargaan di bidang kesehatan lingkungan. Bedanya, kali ini tingkat nasional. Setidaknya, Kota Pendekar mendapat tiga kategori Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award dan juga kategori Sentra Pangan Jajanan/Kantin yang Memenuhi Syarat Higiene Sanitasi.

Penghargaan tersebut di serahkan Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono Harbuwono dan diterima Wali Kota Madiun, Maidi bersamaan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Hotel Discovery Ancol Taman Impian Jaya Ancol Jakarta, Rabu (23/11).

Tiga Kategori STBM Award itu yakni, Kota/Kabupaten STBM Award Berkelanjutan, Kota/Kabupaten Penerapan Lima Pilar STBM, dan Kota/Kabupaten Terbaik STBM Berkelanjutan dimensi Peningkatan Kebutuhan Sanitasi (Demand Creation). Sedang untuk penghargaan Sentra Pangan Jajanan/Kantin yang Memenuhi Syarat Higiene Sanitasi kategori instansi pemerintah daerah di dapat Lapak Pesona Kelurahan Madiun Lor.

”Ini luar biasa ya. Ini membuktikan kota kita kota sehat. Kemarin kita dapat penghargaan yang tingkat provinsi di Banyuwangi, hari ini (Rabu 23/11.red) kita dapat pengakuan di tingkat nasional,” kata Wali Kota Madiun, Maidi kepada awak media di Madiun, Kamis (24/11).

Sebelumnya, lanjut Wali Kota, Kota Madiun memborong empat penghargaan di Banyuwangi bertepatan dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Provinsi Jawa Timur, 15 November lalu. Kota Madiun satu-satunya daerah di Jawa Timur yang mendapat empat penghargaan sekaligus atau yang terbanyak.

Empat penghargaan itu yakni, penghargaan kota dengan Pencapaian Imunisasi Tambahan MR (BIAN) minimal 95 persen, penghargaan STBM Lima Pilar, penghargaan Kota Sehat, dan penghargaan Universal Health Coverage (UHC).

Karenanya, Wali Kota Maidi mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah bekerja dengan baik. Tak terkecuali masyarakat. Diraihnya penghargaan tak terlepas dari peran masyarakat. Khususnya terkait STBM. Hal itu menandakan masyarakat Kota Madiun peduli akan kesehatan dengan menjalankan apa yang menjadi arahan. Mulai tidak buang air besar sembarangan, mencuci tangan dengan sabun, dan lain sebagainya. Perilaku hidup bersih dan sehat tersebut harus terus ditingkatkan.[dar.ca]

Tags: