Lagi, Nakes di Kabupaten Tulungagung Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

dr Kasil Rohmad

Tulungagung, Bhirawa
Tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Tulungagung kembali berduka. Salah seorang dokter yang mengabdi di salah satu rumah sakit swasta meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

Kematian nakes ini membuat daftar nakes yang terjangkit virus Covid-19 dan kemudian meninggal dunia menjadi lebih panjang. Sampai saat ini jumlah nakes di Tulungagung yang meninggal dunia akibat Covid-19 sudah sebanyak lima orang.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rohmad, Rabu (9/12), mengungkapkan dokter yang baru meninggal dunia tersebut sempat di rawat di rumah sakit rujukan di Surabaya. “Saat dikirim ke Surabaya kritis dan membaik, tapi kemudian kritis lagi dan akhirnya tidak tertolong. Perawatannya sudah sekitar tiga minggu lebih,” ujarnya.

Menurut Kasil, tidak ada penyakit penyerta saat dokter muda itu dinyatakan terpapar Covid-19. Ia pun bukan tercatat sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 karena rumah sakit tempatnya bekerja bukan rumah sakit untuk perawatan Covid-19. “Beliau ada di second line,” terangnya.

Selanjutnya, Kasil yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung ini memperkirakan dengan kembali adanya kematian nakes tidak akan membuat zona penyebaran Covid-19 di Tulungagung berubah. Dia yakin Kabupaten Tulungagung tetap dalam zona oranye (risiko sedang). “Kami sudah berusaha menghitung 15 indikator ditambah kematian. Masih tidak berubah (zonanya).angka RT-nya masih di 2,3 sekian. Kami minta masyarakat tetap patuh pada penerapan protokol kesehatan (prokes),” paparnya.

Kematian dokter ini membuat seluruh karyawan dan nakes di rumah sakit tempatnya bekerja merasa kehilangan. Mereka memberikan penghormatan terakhir dengan berkumpul dan berjajar di halaman rumah sakit saat melepas mobil jenasah yang membawa jenasah dokter tersebut pada Selasa (8/12).

Sampai Selasa (8/12) malam, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung merilis, jumlah warga Tulungagung yang terkonfirmasi menderita Covid-19 mencapai 758 orang. Dan yang sembuh pada hari tersebut sejumlah 37 orang, sehingga secara keseluruhan yang sembuh dari Covid-19 menjadi 622 orang.

Sementara itu, jumlah warga Tulungagung yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 sampai sekarang sebanyak sembilan orang, termasuk lima nakes di antaranya. (wed)

Tags: