Laksanakan PPKM Level 2, Pariwisata di Kabupaten Tulungagung Buka Bersyarat

Pantai Sidem di Kecamatan Besuki termasuk yang sudah buka setelah Kabupaten Tulungagung melaksanakan PPKM level 2.

Tulungagung, Bhirawa
Meski Kabupaten Tulungagung sudah melaksanakan PPKM level 2, namun tempat wisata setempat tidak seluruhnya bisa buka. Tempat wisata baru bisa buka dengan sejumlah persyaratan. Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, Senin (6/12), mengungkapkan saat ini sudah ada sejumlah tempat wisata di Kota Marmer yang diperbolehkan buka seiring dengan penerapan PPKM level 2. “Sudah ada sekitar 21 tempat wisata yang buka. Pembukaan tempat wisata ada syaratnya dan sebentar lagi harus tutup lagi jelang nataru (natal dan tahun baru),” ujarnya.

Syarat pembukaan tempat pariwisata itu, menurut Bupati Maryoto Birowo di antaranya adalah telah lolos asesmen dari tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung. Selain juga jumlah pengunjung dibatasi hanya 25 persen dan mewajibkan pengunjung menggunakan aplikasi PeduliLindungi. “Jadi yang tempat wisata yang sudah memenuhi syarat bisa buka. Semuanya juga tetap harus menerapkan prokes dengan ketat,” paparnya.

Selanjutnya Bupati Maryoto Birowo mengingatkan pada saat nataru semua tempat wisata kembali akan ditutup. Saat nataru terjadi perlakuan khusus untuk menghindari melonjaknya kerumunan masyarakat. “Menurut survei kerumunan massa akan menimbulkan klaster Covid-19. Karena itu perlu diwaspadai dini dengan penutupan tempat pariwisata saat nataru,” paparnya lagi.

Menjawab pertanyaan, mantan Wabup Tulungagung ini menyatakan pembukaan kembali tempat wisata di Kabupaten Tulungagung rencananya akan dilakukan setelah nataru. Yakni pada bulan Januari 2022 mendatang. “Nanti kita lihat perkembangannya setelah nataru,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabag Umum Setda Kabupaten Tulungagung, Sony Welli Ahmadi, mengungkapkan pula jika kebun binatang mini di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso belum bisa dibuka untuk umum. Ia menyebut masih riskan untuk membuka kebun binatang mini yang biasa menjadi tempat favorit anak-anak pada hari Minggu itu. “Meski Tulungagung sudah PPKM level 2 untuk kebun binatang mini masih ditutup untuk umum. Apalagi pada tanggal 24 Desember nanti semua tempat wisata ditutup kembali,” bebernya.

Ia memperkirakan kebun binatang mini yang berada di areal perumahan dinas Bupati Maryoto Birowo itu baru akan dibuka untuk umum pada tahun depan. “Ya kemungkinan setelah nataru baru bisa dibuka. Lihat perkembangan,” pungkasnya.[wed]

Tags: