Lakukan Perbaiki Iklim Hilirisasi Riset

Kita akan terus dorong iklim hilirisasi riset dan paling penting juga upaya mendekatkan dunia usaha dengan penelitian itu terus jadi tugas kami.
Lima tahun ke depan ini bagaimana menghilirkan hasil riset dan kedua bagaimana mendekatkan sisi peneliti dan sisi usaha atau dunia industri.
Bahwa keberadaan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan mendukung perbaikan iklim hilirisasi riset. BRIN akan mengintegrasikan seluruh kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di lingkungan pemerintah sehingga penggunaan anggaran dan penyelenggaraan riset lebih efisien.
Orientasi kita tidak sekadar riset dasar kemudian publikasi, tapi riset dasar lanjut riset terapan, penelitian dan pengembangan, sampai hilirisasi dan komersialisasi. Selain itu, pentingnya penerapan peraturan menteri keuangan mengenai pengurangan pajak bagi perusahaan swasta yang melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan di Tanah Air bagi perbaikan iklim riset.
Tax deduction (pengurangan pajak) nanti berlaku untuk semua perusahaan yang akan lakukan research and development (penelitian dan pengembangan) di Indonesia, baik penanaman modal asing maupun perusahaan nasional.
Iklim hilirisasi riset, juga akan makin kondusif kalau tidak ada jurang pemisah antara peneliti dan pelaku industri.
Bahwa saat ini masih ada jarak besar antara kegiatan penelitian dan kegiatan komersial sehingga belum banyak hasil penelitian yang digunakan oleh pelaku industri. Selanjutnya, peneliti maupun pelaku industri dapat menyampaikan kebutuhan riset ke Kementerian Riset dan Teknologi dan kementerian akan menjembatani peneliti dan pelaku usaha melakukan riset yang bisa menjawab kebutuhan masyarakat dan industri.
Bambang Brodjonegoro
Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional

Tags: