Lama Tak Digunakan, Wali Kota Cek Sejumlah Fasilitas Pendidikan

Tak mau lepas dengan kegiatan rutin sepedaan pada pagi hari, Wali Kota Madiun, Maidi, memanfaatkan untuk meninjau beberapa fasilitas pendidikan yang lama tidak digunakan kegiatan belajar mengajar selama pandemi Covid 19 ini. Tampak Wali Kota Maidi, tetap dengan sepedanya meninggalkan SMPN 12 Madiun, Sabtu (27/20). [sudarno]

Kota Madiun, Bhirawa
Hingga kini Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) masih mengutamakan dalam jaringan (Daring) sampai saat ini. Artinya, sudah setahun fasilitas di sekolah tak termanfaatkan maksimal. Wali Kota Madiun, Maidi sengaja meninjau sejumlah fasilitas pendidikan bersamaan dengan giat Gowes, Sabtu (27/2). Hasilnya, gedung – gedung itu dalam kondisi baik sampai saat ini.
“Sekolah kami cek semua. Kebetulan tadi ada kegiatan di beberapa sekolah. Tetapi secara keseluruhan kondisi bangunan dan lainnya cukup baik,” kata Wali Kota seraya memegangi stir sepedanya terus berkeling meninjau sekolahan yang dikehendakinya.
Sejumlah siswa di SDN 02 Tawangrejo tengah mengerjakan tugas. Mereka terpaksa masuk untuk tugas – tugas tertentu. Pun, dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) ketat. Wali Kota juga membagikan masker dan susu kepada para siswa. Wali Kota juga mengecek sejumlah lokasi kelas di SMPN 12 yang pernah terbakar dulu.
Bangunan sejumlah kelas memang masih belum ada penanganan. Selain masih pandemi, lokasi sulit dijangkau kendaraan besar dan alat berat. Hal itu lantaran pintu utama sekolah kelewat kecil. Artinya, harus dibuatkan jalan terlebih dahulu. Namun di luar itu, kondisi fasilitas sejumlah sekolah dalam kondisi baik. Wali Kota memuji kepedulian pihak sekolah dalam merawat fasilitas pendidikan tersebut. Setidaknya, bangunan terlihat bersih.
Wali Kota memastikan kondisi itu hingga ke bagian dalam sekolah. Salah satunya, ruang laboratorium. Selain itu, taman sekolah juga terawat. Cukup bersih dan tidak terlihat tanaman yang sudah waktunya dipangkas. ”Tanaman – tanaman di sekolah juga terawat. Prinsipnya, fasilitas semuanya terjaga. Walaupun tidak dipakai semuanya harus dalam kondisi baik,” kata Wali Kota berharap.
Wali Kota juga mengecek aktivitas tenaga pendidik dalam melakukan dan menyiapkan materi pembelajaran online. Wali kota menyebut semua proses pembelajaran dapat berjalan baik kendati berjalan secara daring. Wali Kota berharap PPKM segera berakhir dan pandemi lekas pergi agar jalannya semua sektor kehidupan kembali seperti sedia kala. ”Semuanya harus menahan diri karena pandemi. Ya doakan saja agar semua ini cepat selesai dan kita kembali pada kondisi normal lagi,” pungkas Wali Kota. [dar]

Tags: