Lamongan Menanti Vaksinasi Covid-19


Petugas Dinas Kesehatan saat memperlihatkan kesiapan tempat untuk vaksin Covid-19. [Alimun Hakim]

Lamongan, Bhirawa
Hingga berita ini diturunkan, Pemkab Lamongan masih menantikan kepastian giliran pelaksanaan vaksinasi Covid-19.
Sebab,pihak Satgas Penanganan Covid-19 sampai saat ini belum mendapatkan kabar soal jadwal pelaksanaan vaksinasi.”hingga saat ini kami masih belum mendapat kabar kapan vaksin asal Cina tersebut tiba di Lamongan,” ujar Koordinator Bidang Preventif dan Promotif Satgas Penanganan Covid-19 Lamongan, dr. Taufik Hidayat,Rabu(20/1).
Taufik menjelaskan, Lamongan bukan satu-satunya kabupaten yang menanti giliran pelaksanaan vaksinasi. “Di Jatim itu baru Surabaya, Gresik dan Sidoarjo,”jelasnya.
Terlepas dari itu, ia mengatakan, Kabupaten Lamongan sudah menyiapkan segala kebutuhan untuk pelaksanaan vaksinasi, mulai dari tempat penyimpanan hingga menyiapkan 410 tenaga vaksinasi, baik dari Puskesmas maupun rumah sakit.
“Kami juga sudah punya tim yang akan terus monitor reaksi yang ditimbulkan vaksin, baik reaksi jangka pendek, maupun jangka panjang,” kata Taufik, yang juga Kepala Dinas Kesehatan Lamongan tersebut.
Sementara untuk sasaran vaksinasi Covid-19 tahap awal adalah tenaga kesehatan, yang jumlahnya sebanyak 6.040 orang. “Sasaran awal adalah Nakes, sudah terdata untuk alokasi (vaksin) sebanyak 6.040, data akan terus berkembang,” tuturnya.
Sembari menanti giliran vaksinasi Covid-19, Taufik mengajak masyarakat Lamongan untuk tetap menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak) sebagai upaya mencegah penularan Covid-19. [aha.yit]

Rate this article!
Tags: