Langgar Prokes, Bawaslu Sumenep “Semprot” Paslon Nomor Dua

Komisioner Bawaslu Sumenep, imam syafiih

Sumenep, Bhirawa
Bawaslu Kabupaten Sumenep semprot tim pasangan calon (Paslon) nomor urut 2, Fattah Jasin-Ali Fikri. Sebab, paslon tersebut diduga melanggar protokol kesehatan (Prokes) saat melakukan kampanye.

Komisioner Bawaslu Sumenep, Imam Syafiih mengatakan, sesuai hasil koordinasi di internal Bawaslu, atas laporan Panwas Kecamatan Kalianget, kampanye yang dilakukan pasangan nomor urut dua itu telah melanggar protokol kesehatan. Sehingga, Bawaslu melalui Panwascam mengeluarkan surat peringatan kepada tim pemenangan.

“Melalui Panwascam kami mengeluarkan surat peringatan terhadap tim paslon nomor urut dua. Karena pasangan itu melanggar protokol kesehatan saat kampanye,” kata Komisioner Bawaslu Sumenep, Imam Syafiih, Rabu (14/10).

Menurut Imam, paslon tersebut menggelar kampanye di Kecamatan Kalianget. Saat kampanye iti, tim mengumpulkan orang lebih dari 50 orang. Padahal, sesuai aturan, pada pertemuan tersebut maksimal orang yang hadir sebanyak 50 orang.

“Kami sudah koordinasikan dengan tim paslon agar tetap melaksanakan kampanye sesuai aturan termasuk protokol kesehatan. Mengingat, saat ini dalam kondisi pandemi,” ujarnya.

Ia mengaku tidak bisa memantau kampanye pasangan Ach. Fauzi-Nyai Dewi Khalifah yang merupakan paslon nomornurut satu karena tim pemenangannya tidak memberitahukan jadwal giat kampanye ke Bawaslu selama masa kampanye menjelang pemungutan suara yang dijadwalkan serentak pada tanggal 9 Desember 2020.

“Kalau untuk paslon nomor urut satu, kami tidak bisa memantaunya. Karena kami memang tidak menerima jadwal kegiatan selama kampanye,” paparnya.

Sementara, lanjutnya, paslon nomor urut dua (2) telah memberikan jadwal kampanye di empat titik yakni Kecamatan Kalianget, Kota, Dungkek dan Batuputih.

“Sesuai jadwal kegiatan kampanye yang kami terima, paslon nomor urut dua ada di empat titik, Kalianget, Kota, Dungkek dan Batuputih. Sedangkan untuk nomor urut satu kami tidak mempunyai jadwalnya,” tegasnya.

Di Pilbup Sumenep diikuti oleh dua pasangam calon. Sesuai hasil pleno terbuka, pasangan Ach. Fauzi-Hj. Dewi Khalifah memdapatkan nomor urut satu dan pasangan Fattah Jasin-Ali Fikri mendapatkan nomor urut dua.

Pasangan Ach. Fauzi-Hj. Dewi Khalifah diusung PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sedangkan pasangan Fattah Jasin-KH. Ali Fikri diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan Golkar sebagai Partai pendukung. [sul]

Tags: