Langgar UU Lalu Lintas, Puluhan Bentor Diamankan

Petugas Satlantas membawah puluhan Bentor untuk diamankan di Mapolres Probolinggo. [wap/bhirawa]

Petugas Satlantas membawah puluhan Bentor untuk diamankan di Mapolres Probolinggo. [wap/bhirawa]

Probolinggo, Bhirawa
Penindakan terhadap Becak motor (Bentor) dilakukan sebagai bentuk upaya untuk menekan angka kecelakaan lalulintas di lingkungan Kabupaten Probolinggo. Puluhan Becak Motor (Bentor) diamankan petugas kepolisian dari Satlantas Polres Probolingo. Puluhan bentor tersebut diambil dari berbagai titik persimpangan yang masih kerap digunakan oleh masyarakat.
Hal ini dilakukan karena memang diberatkan UU,pasalnya, para pengguna bentor  melanggar pada aturan dan  Pasal 48 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Persyaratan Teknis dan Layak Jalan Kendaraan Bermotor serta Pasal 52 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Modifikasi Kendaraan bermotor.
Polisi Lalu lintas Polres Probolinggo mengawali opearsinya sejak 21/4 disepanjang jalan raya Panglima Sudirman kota Kraksaan   dan menyisir di daerah lainnya diluar kota Kraksaan.
Setelah berhasil mengamankan puluhan bentor, sebagai langkah yang bersifat membangun kepada pemilik bentor,  Kasat Lantas Polres Probolinggo AKP Warih Hutomo akhirnya  memberikan pembinaan dan menerangkan pelanggaran-pelanggaran dari kendaraan yang dimodifikasi seperti bentor, serta mereka dibekali buku pedoman tentang tatacara berlalulintas.
Selain bentor, pihaknya juga masih mengincar kereta kelinci yang terkadang masih digunakan di jalan raya, karena menurut AKP Warih, tidak semestinya kereta kelinci itu digunakan di jalan raya, itu tempatnya di lingkungan Pariwisata saja. Sebab, kereta kelinci juga sangat berdampak negatif kepada penumpangnya. [wap]

Tags: