LDP Korban APG Semeru Masih Berlanjut

Pemprov Jatim, Bhirawa
Layanan Dukungan Psikososial (LDP) yang dilakukan Pemprov Jatim melalui Dinas Sosial masih masih berlanjut. Kali ini, Bidang Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Jatim kembali memberikan LDP kepada penyintas bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

Namun, berbeda dengan LDP yang diberikan sebelumnya. Kali ini, tim JSC memberikan LDP melalui pemberdayaan sosial dan menyasar Dusun Umbulrejo, Dusun Wonorenggo, dan Dusun Sidorejo, Desa Sumbermujur, Kec. Candipuro.

Guna menyukseskan kegiatan ini, tim JSC menggandeng pilar-pilar sosial dari unsur Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Kancana Berdaya, Tagana, dan Pelopor Perdamaian (Pordam).

Sebelum melaksanakan kegiatan ini, tim JSC Bidang Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial Dinsos Jatim berkoordinasi dengan pilar-pilar sosial serta perangkat desa.

Kegiatan diarahkan kepada pengungsi yang menumpang di rumah warga atau kerabatnya sambil menunggu selesainya pembangunan rumah hunian sementara (huntara) bagi warga yang kehilangan rumah akibat bencana APG Semeru.

Pendampingan dan motivasi serta pemberian bantuan dilakukan secara home visit ke rumah-rumah warga. Selain itu, ibu-ibu pengungsi juga diberi pelatihan pembuatan nugget aneka varian rasa, cireng, dan saus sebagai kegiatan usaha ekonomi produktif agar bisa diterapkan di huntara.

Tim JSC Bidang Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial Dinsos Jatim sekaligus Pekerja Sosial Madya, Wiwik Wuryani didampingi Ida Sri dan Susanto mengatakan, para pengungsi terutama ibu-ibu membutuhkan pendampingan dan penguatan untuk segera bangkit dari keterpurukan akibat bencana APG Semeru.

“Sebagai upaya pemberdayaan, maka diberikan pelatihan keterampilan sederhana sehingga diharapkan dapat segera diterapkan, sehingga ibu-ibu pengungsi dapat segera bekerja mencari nafkah dengan bahan dan alat yang sederhana,” kata Wiwik. [rac.dre].

Rate this article!
Tags: