Lestarikan Budaya Lokal, SDN Kalipecabean Ekplorasi di Candi Pari

Para siswa SDN Kalipecabean Sidoarjo sedang menggali sejarah tentang Candi Pari. [ahmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Upaya melestarikan seni dan budaya lokal yang ada di sekitarnya dilakukan SDN Kalipecabean Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, mengeksplorasi ke Candi Pari yang berada di Desa Candi Pari Kec Porong Sidoarjo, sebanyak 90 siswa mengikuti eksplorasi terdiri dari kelas V A, B dan C.
Menurut Kepala SDN Kalipecabean Sidoarjo, Drs Imam Supii, usai memberangkatkan siswanya untuk melakukan eksplorasi ke Candi Pari, Eksplorasi ke Candi Pari ini sebagai upaya pelestarian budaya untuk generasi bangsa. Dengan harapan bisa mewujudkan P5 (Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang telah digulirkan Kemendikbud dan Ristek.
Imam menjelaskan, mengangkat tema kearifan lokal dan mengacu kepada dimensi P5. Projeck Eksplorasi Candi Pari Fase B ini bertujuan mewujudkan peserta didik berawawan yang mampu berperan aktif dalam menjaga serta melestarikan kebudayaan lokal. Khususnya kebudayaan cagar budaya Candi Pari.
“Dalam Fase B fokus pembelajaran tentang pelestarian warisan budaya lokal. Diantaranya pengenalan dan identifikasi budaya, di dalam ada nilai – nilai luhur yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari,” katanya.
Imam menegaskan, semua pihak juga harus ikut menjaga melestarian budaya peninggalan sejarah. Agar kita dapat mempelajari peradaban nenek moyang kita. Selama di lokasi Candi Pari, mereka tidak boleh mencoret – coret dinding candi ataupun mengambil batu – batu yang ada di sekitarnya.
Saat melakukan eksplorasi ke Candi Pari yang berada di wilayah Kec Porong Sidoarjo. Para siswa didampingi para guru kelas masing – masing. Untuk kelas IV A pendampingnya Najwa Farah Sanggau SPd, kelas IV B pendampingnya Dian Kusuma Dewi SPd, kelas IV C pendampingnya Yuliana SPd. Ditambah tiga guru olah raga Agung Kurniawan SPd, Wahyu Ardiansyah SPd dan Fiki Moch Jaefandany SPd. [ach.fen]

Tags: