Lima Cabor Baru Dipertandingkan di PON Jabar

Surabaya, Bhirawa
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim harus menyiapkan lima Cabang Olahraga (Cabor) baru yang baka dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar 2016. Sebab kelima Cabor itu mempertandingkan banyak nomor.
Sesuai hasil Rapat Koordinasi (Rakor) Sosialisasi Cabang Olahraga dan Nomor Pertandingan Pada PON XIX 2016 Jawa Barat, yang digelar di Bandung, pada 18-20 Februari 2014 lalu, ada penambahan cabor baru dan jumlah nomor pertandingan.
Lima cabor baru itu, yakni Cricket (10 nomor), berkuda (20 nomor), dansa (17 nomor), drum band (10 nomor), dan hoki (5 nomor). Kemudian untuk cabor-cabor yang sudah dipertandingan di PON sebelumnya, ada yang dikurangi dan ditambah nomor pertandingannya.
Penambahan cabor baru dengan nomor pertandingan banyak dipertanyakan KONI Jatim. KONI menanyakan¬† cabor cricket yang mempertandingkan 10 nomor pertandingan. “Cricket diusulkan 10 nomor (pertandingan). Ini cabor baru kok banyak, nomornya itu apa saja,” sebut Dhimam Abror, Ketua Harian KONI Jatim, Selasa (25/2).
Penambahan cabor juga diikuti membengkaknya jumlah nomor pertandingan. Sebanyak 755 nomor di 44 cabor direncanakan dipertandingkan pada PON Jabar. Jumlah tersebut bertambah 154 nomor, dibandingkan PON 2012 di Riau. Ketika itu, hanya memainkan 601 nomor pertandingan. Dari lima cabor baru saja, sudah mendandingkan 42 nomor.  [wwn]

Tags: