Lima Keutamaan Alquran

M Sholihin Fanani

Oleh:
M Sholihin Fanani, Ketua Majelis Tabligh PW Muhammadiyah Jatim
Salah satu keutamaan Bulan Ramadan adalah diturunkannya Alquran pertama kali oleh Allah ke dunia kepada nabi Muhammad melalui malaikat Jibril. Sebagaimana dijelaskan oleh Allah SWT dalam Alquran Surat Al Baqarah ayat 185: ”Bulan ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil) (Al-Baqarah 185).
Alquran adalah kitab suci umat Islam yang sempurna dan menyempurnakan ajaran-ajaran para nabi dan rasul sebelum nabi Muhammad. Yang menjadi petunjuk bagi seluruh umat manusia untuk menjalankan kehidupan di dunia maupun kehidupan di akhirat kelak.
Alquran mengatur seluruh sendi kehidupan manusia dengan sempurna baik di dunia maupun akhirat kelak. Tidak ada satupun sendi kehidupan di dunia ini yang tidak diatur oleh Alquran. Oleh karena itu umat Islam wajib menjadikan Alquran sebagai petunjuk dalam hidupnya.
Mengapa Alquran disebut sebagai kitab suci yang sempurna dan menyempurnakan ajaran-ajaran nabi sebelum nabi Muhammad? Ada lima kesempurnaan al-Qur’an dibandingkan dengan kitab-kitab suci sebelumnya. Sehingga wajib kita jadikan sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi seluruh umat manusia (Hudan Linnas).
Pertama, Alquran menjelaskan tentang masalah-masalah yang halal dan yang haram. Persoalan halal dan haram adalah merupakan hal inti dalam kehidupan sehari-hari umat manusia. Inti dari segala ini kehidupan sehari-hari adalah masalah halal dan haram. Jika seseorang memiliki pengetahuan yang cukup tentang halal dan haram maka hidupnya, maka ia akan terarah hidupnya dengan baik.
Kedua, Alquran menjelaskan tentang hal-hal yang baik dan hal-hal buruk. Dengan jelas Alquran menerangkan tentang kebaikan dan keburukan berserta dampak atau akibat dari kebaikan dan keburukan tersebut. Al-quran memerintahkan kepada manusia untuk melakukan hal-hal yang baik dan meninggalkan hal-hal yang buruk serta turut menyebarkan kebaikan dan mencegah keburukan.
Ketiga, Alquran menjelaskan tentang tolong-menolong (ta’awun). al-Qur’an menjelaskan tentang tolong-menolong. al-Qur’an memerintahkan agar diantara sesama manusia saling tolong menolong, bantu membantu. Agama Islam ini sangat menganjurkan agar orang hidup saling membantu, tolong-menolong menolong kepada orang lain, terutama adalah kepada fakir miskin, anak-anak yatim.
Keempat, Alquran menjelaskan tentang nasehat-menasehati (Watawa shaubilhaq watawa shaubis shabr). al-Qur’an menjelaskan tentang perintah agar sesama manusia itu saling menasehati. Menasehati adalah perbuatan yang sangat mulia dalam kehidupan manusia.
Kelima, Alquran menjelaskan menjelaskan tentang amar ma’ruf nahi munkar. Amar Ma’ruf Nahi Munkar, yaitu kegiatan mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan dan mencegah orang lain berbuat kejelekan. Kegiatan Amar Ma’ruf Nahi Munkar biasanya disebut dengan istilah Dakwah.
Inilah lima hal yang menjadi keutamaan al-Qur’an. Bila kita ingin menjadikan hidup kita mulai, maka lakukan lima hal tersebut sebagaimana keutamaan al-Qur’an Insya-Allah hidup kita akan lebih baik dan lebih bermakna. Wallahu ‘Alam Bishawab. [*]

Rate this article!
Lima Keutamaan Alquran,5 / 5 ( 1votes )
Tags: