Lima Pimpinan Parpol Keok di Kandang Sendiri

Kustioni Musri

Kustioni Musri

Jember, Bhirawa
Lima pimpinan Partai Politik di Kabupaten Jember diprediksi tumbang dalam Pemilu Legeslatif (Pileg) 2014. Mereka adalah Ketua PAN Jember Evie Lestari (Dapil 6), Ketua Demokrat Saptono Yusuf dan Ketua PKPI Tutuk (Dapil 3), Ketua Partai Golkar Yantit Budi Hartono dan Ketua PPP Sunardi yang sama-sama nyaleg di Dapil 2.
Mereka adalah pimpinan partai politik yang sebelumnya duduk menjadi anggota DPRD Jember kecuali Ketua PKPI Jember Tutuk. Ironinya, Ketua DPRD Jember yang juga Ketua DPC Demokrat Jember Saptono Yusuf yang menduduki angka jadi (1) harus kalah dengan  Ambarwati nomor urut 3 dalam pencalegkan di partainya.
Ketua Pemantau Pemilu Jaringan Pemilih Rasional (Jamper)u Kustioni Musri mengatakan pemilu legeslatif 2014 terjadi persaingan ketat sesama caleg diinternal partainya. Bahkan Kustino mengaku caleg yang lolos dan mendapatkan kursi mereka yang dinilai inten berkomunikasi dengan konstituennya dibawah. “Siapa yang inten komunikasi dengan konstituennya, mereka yang dapat jatah kursi,” ujarnya.
Saat disinggung fenomena banyaknya pimpinan partai politik yang tumbang dalam pencalegkan kali ini, Kustiono mengaku ada beberapa hal penyebab banyak pimpinan partai yang tidak lolos dan pemilu kali ini. Yang pertama ujarnya, karena faktor keberuntungan. Dan yang kedua disebabkan oleh lemahnya komunikasi dengan konstituen. [efi]

Tags: