Literasi Investasi Berjangka Terus Dikembangkan di Kota Malang

Literasi Investasi Berjangka diberikan kepada para mahasiwa, di Hotel Santika, Selasa 6/4 kemarin.

Kota Malang, Bhirawa
Peluang Investasi belakangan ini semakin meningkat, karena itu, mahasiswa mulai ikenalkan Perdagangan Berjangka. Komoditi Peluang investasi terus meningkat seiring dengan semakin tingginya penghasilan masyarakat. Untuk itu, literasi mengenai investasi terus dilakukan, salah satunya soal literasi perdagangan berjangka komoditi.

Dalam hal ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) bekerjasam dengan BPF Malang, JFX dan KBI kembali menggelar program Futures Trading Learning Center (FTLC).

Kegiatan yang digelar secara daring dan luring itu melibatkan ratusan mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi FEB.

Kegiatan bertemakan ‘Peluang Investasi Perdagangan Berjangka Komiditi di Era 4.0 dan Membangun Masa Depan Dengan Profesi Menjanjikan’ ini menghadirkan sejumlah narasumber mulai dari Walikota Malang, Kepala Bappebti, Dirut JFX, Dirut KBI, dan pimpinan cabang BPF.

Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi FEB UB, Wildan Syafitri mengungkapkan jika saat ini adalah kesempatan yang bagus bagi mahasiswa terus belajar soal investasi. Sebab, saat ini variasi investasi terus berkembang. 

“Banyak model investasi yang bisa dikembangan. Ini kesempatan bagi semua orang untuk berinvestasi. Apalagi saat ini investasi di bidang pialang berjangka bisa dijangkau seluruh masyarakat hingga kelas menengah,” tutur Wildan di sela kegiatan FTLC, Selasa (6/4) kemarin.

Menurutnya, jika pendapatan masyarakat terus naik, maka peluang investasi juga juga ikut naik. Apalagi di era pandemi Covid-19 semua pihak harus berkolaborasi untuk meningkatkan perekonomian.

“Sekarang pemerintah banyak sekali menelurkan produk komoditi baik yang riil maupun pasar pialanh berjangka. Ini dapat memperkuat kekuatan momeneter ekonomi makro di Indonesia,” katanya.

Dirut JFX, Stephanus Paulus Lumintang mengungkapkan, kegiatan FTLC berfokus pada pengetahuan tentang pialang berjangka, manfaat, fungsi, peran dan legalitas industri ini untuk kemajuan di masa mendatang.

“Kami akan terus menjalankan edukasi yang berkesinambungan di berbagai kota melalui kampus-kampus yang sudah bekerjasama dalam FTLC,” tutur Paulus. 

Sementara itu, salah seorang mahasiswi semester jurusan Ilmu Ekonomi FEB UB, Meliana Stefani menilai jika program FTLC ini sangat penting untuk mahasiswa. Sebab potensi investasi terus berkembang.

“Program seperti ini sangat penting, karena di era 4.0 wawasan kita harus semakin luas. Selama kini kita hanya memahami investasi secara umum, melalui FTLC ini kita jadi paham tentang makna dan peluang investasi di bidang perdagangan berjangka komoditi,” tandas mahasiswi semester 4 ini. [mut]

Tags: