Lolos Pilkada Sidoarjo, Agung-Sugeng Harus Penuhi 125 Ribu Pendukung Baru

Sidoarjo, Bhirawa.
Pasangan bakal calon bupati/wakil bupati Sidoarjo dari jalur independen, Agung Sudiyono dan Sugeng Hariyadi hanya mendapatkan dukungan dari 27.843 warga kota delta.

Angka tersebut diperoleh dari pengumuman yang disampaikan para komisioner KPU dalam Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi bakal pasangan calon perseorangan di Aula KPU Sidoarjo, Senin (20/7).

Ketua KPU Sidoarjo, M Iskak yang ditemui disela-sela acara menjelaskan petugasnya di tingkat desa telah melakukan verifikasi faktual terhadap 70.457 orang pendukung Agung-Sugeng dengan pola sensus atau mendatangi ke rumah masing-masing selama dua pekan terakhir.
Dan hasilnya 62.993 warga Sidoarjo menyatakan membantah telah memberikan dukungan pada pasangan calon independen tersebut yang dibuktikan dengan menandatangani surat pernyataan yang telah disiapkan oleh petugas verifikator.

Meski begitu KPU masih memberikan kesempatan pada Agung-Sugeng untuk melakukan perbaikan. Yakni dengan menyetorkan data pendukung baru. Sesuai dengan aturan yang tersurat dalam PKPU, pasangan calon tersebut harus menambahkan kekurangan jumlah pendukung itu dikalikan dua atau sebanyak 125.986.

Adapun batas waktu yang diberikan dalam tahapan perbaikan itu adalah 25 – 27 juli mendatang.

Selanjutnya lembaga penyelenggara Pilkada serentak tersebut harus memulai proses pemeriksaan berkas-berkas dukungan itu dari awal.

“Data pendukung baru tersebut nanti diverifikasi administrasi lagi dan kemudian dilanjutkan verifikasi faktual. Tapi itu dengan catatan kalau jumlah minimalnya terpenuhi,” jelas mantan Ketua Almuni PMII Sidoarjo itu.

Jika sampai batasan waktu itu pasangan Agung-Sugeng gagal memenuhi kewajiban tersebut, maka dipastikan Pilkada Sidoarjo yang akan diselenggarakan di penghujung 2020 ini tidak akan diikuti kandidat dari jalur independen.(hds)

Tags: