Lomba KB Award Jadi Sarana Monev Program

5-why-kbSurabaya, Bhirawa
Berbagai upaya dilakukan untuk monitoring dan evaluasi (monev) program Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten/Kota di Jatim, salah satunya adalah dengan kegiatan lomba KB Award.
“Lomba ini merupakan agenda tahunan yang setiap tahun kita gelar. Lomba ini sebagai upaya meningkatkan sarana guna memacu dan mengukur tingkat konsistensi, kreatifitas, efektifitas kinerja dan kemauan politik pemerintah kabupaten/kota dalam mengemban tugas yaitu mensukseskan program keluarga berencana,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Provinsi Jatim Dr Sukesi Apt MARS saat dikonfirmasi terkait penyelenggaraan KB Award 2014 yang lalu.
Menurut Sukesi, akhir-akhir ini berbagai problem dan masalah kependudukan semakin hari semakin sulit untuk dicari jalan keluar penyelesaiannya.
“Pertumbuhan penduduk yang tak terkendali, menyebabkan banyaknya masalah sosial yang timbul di masyarakat,” jelas Sukesi. Oleh karena itu, program KB menjadi salah satu jalan keluar yang harus didorong agar jumlah akseptornya terus meningkat.
Program KB selain untuk menekan angka pertumbuhan, menurut Sukesi juga mempunyai banyak keuntungan, salah satu contoh adalah  dengan menjadi akseptor KB dan   memakai alat kontrasepsi dapat mencegah berbagai macam penyakit. Namun demikian, jelas Sukesi, meski banyak keuntungannya, program KB juga menemui beberapa kendala dan tantangan, diantaranya semakin berkurangnya tenaga PLKB, dimana PLKB adalah merupakan garda terdepan yang dianggap mampu meyakinkan masyarakat untuk menjadi akseptor KB.
Berkaca dari hal tersebut jelas Sukesi, maka pelaksanaan lomba KB Award bukan semata mencari juara akan tetapi lebih membangun kesadaran masyarakat.
“Program KB yang dilakukan pemerintah bukan saja untuk menekan laju pertumbuhan penduduk semata, namun juga bertujuan untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat,” tegasnya. Dari hasil penilaian tim juri akhirnya ditetapkan para pemenangnya adalah Terbaik I Kota Surabaya, Kedua Kabupaten Pacitan, Ketiga Kabupaten Mojokerto dan terbaik keempat Kabupaten Tuban.  [why]

Keterangan Foto : Sekdaprov Jatim Dr Soekardi saat menyerahkan penghargaan KB Award 2014 kepada pemenang terbaik II dari Kabupaten Pacitan.

Tags: