Longsor Tengah Malam Kagetkan Warga Songgokerto Kota Batu

Tim gabungan tengah melakukan pembersihan material tanah longsor di jalur kawasan wisata Payung II pada Kamis (4/2) tengah malam.

Kota Batu,Bhirawa
Tanah longsor yang terjadi di tengah malam mengagetkan warga Kelurahan Songgokerto, Kecamatan/ Kota Batu, Kamis (4/2) pukul 23.30 WIB. Titik longsor terjadi tepatnya di Jl Brigjen Mohamad Manan yang juga merupakan jalur ke kawasan Payung II.

Dalam kajian yang dilakukan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Batu, tanah longsor terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang melanda kawasan itu. Situasi dan kondisi ini mengakibatkan tanah menjani jenuh hingga akhirnya longsor.

“Tanah longsor yang terjadi memiliki dimensi panjang 10 meter dan tinggi 15 meter,”ujar Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim, Jumat (5/2). Selain itu longsor yang terjadi juga disertai pohon tumbang dengan diameter 25 cm dan tinggi 10 meter.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini karena kondisi jalan sedang sepi. Namun material longsor telah menutup sebagian akses jalan yang ada di sekitar lokasi.

“TRC BPBD langsung meluncur ke lokasi kejadian untuk melakukan kaji cepat dan penanganan darurat agar material longsor tidak mengganggu para pengguna jalan,”tambah Rochim.

Dari hasil koordinasi dengan pihak terkait, akhirnya upaya pembersihan material longsor dilakukan dengan menggunakan alat berat. Selanjutnya dilakukan penyemprotan sisa material longsor agar permukaan jalan tidak licin.

Selain BPBD Batu, upaya penanganan ini melibatkan sejumlah personil dari sejumlah instansi. Yaitu, Babinsa Songgokerto, Dinas PUPR, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Agen Bencana Provinsi Jatim, dan Garda Relawan Kota Batu.(nas)

Tags: