LP Ma’arif NU Tingkatkan Kualitas Pendidikan Situbondo

Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto bersama Rektor Unisma Malang dan Ketua PW LP Ma’arif NU Jatim, saat menghadiri acara seminar nasional di Ponpes Walisongo Panji Situbondo, Sabtu (8/2). [sawawi]

Gagas Program Kalangan Bawah dan Majukan Lembaga
Situbondo, Bhirawa
Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU memiliki peran strategis bagi majunya kualitas pendidikan di Kota Santri Situbondo. LP Ma’arif juga dikenal memiliki banyak SDM (Sumber Daya Manusia) mumpuni dalam peningkatan kegiatan belajar mengajar di bidang keagamaan dan bidang ilmu umum.
Untuk kesinambungan ini, LP Ma’arif NU Cabang Situbondo mengadakan seminar nasional dengan tema ‘peningkatan kompetensi tenaga pendidikan di lingkungan LP Ma’arif Situbondo di era revolusi industri 4.0 di Auditorium Ponpes Walisongo, Kelurahan Mimbaan, Panji, Situbondo, Sabtu (8/2) lalu.
Hadir dalam seminar diantaranya, Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto dan dua pembicara masing masing Rektor Unisma Malang Prof Dr H Maskuri Msi dan Ketua PW LP Ma’arif NU Jatim H Noor Shodiq Askandar SE. Jajaran Pengurus LP Ma’arif NU Cabang Situbondo juga Ketua Panitia, Drs M Ismail Ali Yasin MPdI dan tenaga pendidik.
Ketua Panitia, M Ismail Ali Yasin mengatakan, pihaknya sengaja mengundang dua pemateri karena sudah cukup lama memiliki hubungan kerjasama yang baik. Selain mengadakan seminar nasional bersama tim dari Unisma Malang, aku Ismail, LP Ma’arif NU Cabang Situbondo juga mengadakan kunjungan ke SMA/MA/SMK yang ada dibawah naungan LP Ma’arif NU Cabang Situbondo.
“Di wilayah timur kami berkunjung ke MA – NU Asembagus dan di wilayah barat berkunjung ke SMK Ashiddiqi, Bungatan. Dalam kunjungan ini kami sekaligus mengadakan sosialisasi perihal Unisma Malang sebagai salah satu Perguruan Tinggi (PT) ternama yang ada di Indonesia,” ujar Ismail.
Sementara itu, Ketua PCNU Situbondo, KH Drs M Zaini Shonhaji menandaskan, dirinya ikut bersyukur karena panitia berhasil menghadirkan Rektor Unisma dan Ketua PW LP Ma’arif NU Jatim, sehingga dapat memberikan motivasi yang baik kepada ratusan guru yang ada dibawah naungan LP Ma’arif NU Cabang Situbondo.
“Saya minta kepada Rektor Unisma, bagaimana caranya para guru ini bisa lari cepat seiring dengan perputaran waktu. Semoga kegiatan ini membawa barokah dan meningkatkan jalinan hubungan yang baik dengan LP Ma’arif NU Cabang Situbondo,” harap Zaini.
Zaini juga menjelaskan, terselenggaranya seminar nasional ini merupakan bagian dari keputusan pengurus NU Situbondo agar dapat memacu kinerja lembaga pendidikan kedepan. Kegiatan ini, kupasnya, juga sesuai dengan pesan KHR Kholil As’ad SA dan KHR A Sofyan Miftahul Arifin yang meminta, agar NU menjaga kekompakan antara pengurus, membuat program yang menyentuh kalangan bawah serta menggunakan lembaga sesuai kegunaan dan kemampuan.

Bupati Ajak NU Majukan Pendidikan Situbondo
Kegiatan seminar nasional yang digagas LP Ma’arif NU Cabang Situbondo selain mendapatkan atensi dari guru dan Pengurus NU, juga mendapatkan apresiasi langsung dari Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, Sabtu (8/2).
Kegiatan yang digelar di Ponpes Walisongo itu mampu menyedot ratusan peserta, karena menghadirkan dua pemateri handal, Rektor Unisma Malang, Prof Dr H Maskuri Msi dan Ketua PW LP Ma’arif NU Jatim, H Noor Shodiq Askandar SE. Selama kegiatan seminar berjalan banyak guru yang antusias bertanya seputar tehnik dan strategi memajukan dunia pendidikan.
Disisi lain, Ketua PCNU Situbondo, KH M Zaini Shonhaji menambahkan, seminar nasional ini merupakan awal kebangkitan jajaran LP Ma’arif NU Cabang Situbondo untuk kemajuan pendidikan di Situbondo.
Disamping sesuai dengan Program PW LP Ma’arif NU Jatim, kegiatan ini diharapkan bisa memberikan bekal bagi guru dalam mempraktekkan pendidikan yang berkualitas di tengah masyarakat Situbondo. [awi]

Tags: