Lumpur Lapindo Bisa jadi Bahan Baku Beton

23-beton-lapindoSurabaya, Bhirawa
Lumpur Lapindo yang menenggelamkan Kecamatan Porong Sidoarjo selama ini dianggap sebagai bencana. Namun dari hasil penelitian lumpur itu bisa dimanfaatkan untuk menjadi bahan baku beton.
Hal tersebut dikemukakan oleh guru besar Profesor Dr Ir Djawantoro Hardjito saat mengupas potensi lumpur Lapindo di Sidoarjo sebagai material konstruksi. Bahkan tidak hanya lumpur namun abu gunung berapi juga menjadi salah satu material beton.
“Berbekal semangat meneliti dan diseminasi hasil, tercatat ada 60 publikasi berupa artikel jurnal, makalah di konferensi, dan buku yang mayoritas memiliki reputasi internasional,” terang Djarwanto yang juga guru besar ke sembilan di UK Petra itu, Selasa (22/4).
Lebih lanjut ia menjelaskan, proses pengelolaan ada dua tahap yaitu dari pembakaran yang merubah struktur mikro dan penggilingan yaitu ukuran partikel. Dan ada dua stream yang harus ditempuh untuk mengganti sebagian semen, kalau tidak pakai semen harus dibuat rekatif.
“Untuk mengganti sebagian semen itu tetap perlu semen tetapi saya bisa ganti dengan campuran alkali. Sehingga membuat rekatif seperti semen untuk bisa mengikat dan kekuatan sampai 60 persen,” pungkasnya.
George Washington Carver yang jadi inspirasi Djawantoro ini sudah mengajukan hak paten internasional yaitu berupa kerikil buatan yang fungsinya pengganti batu,”kerikil buatan ini bisa dipakai buat tanaman hydroponic atau pengganti tanah, dan di luar negeri rata-rata sudah memakai batuan seperti ini,” jelasnya. [geh]

Tags: