Mabes Polri Cek Kesiapsiagaan Pos Pengamanan Lebaran di Situbondo

Divpropam Mabes Polri dipimpin Kombes Pol Agus Halimudin SIKdengan didampingi Bidpropam Polda Jatim disambut Wakapolres Kompol Pujiarto SH bersama PJU dan Padal di perbatasan Situbondo-Probolinggo. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Jajaran Divpropam Mabes Polri melaksanakan monitoring dan pengawasan kesiapsiagaan personil yang bertugas di pos pengamanan lebaran operasi ketupat semeru 2021 di wilayah Polres Situbondo, Sabtu (8/5). Tim Divpropam Mabes Polri dipimpin Kombes Pol Agus Halimudin SIK dengan didampingi Bidpropam Polda Jatim disambut Wakapolres Kompol Pujiarto SH bersama Pejabat Utama (PJU) Polres serta Padal yang bertugas di pos pengamanan lebaran 2021 di Kecamatan Banyuglugur, perbatasan Situbondo- Probolinggo.

Kombes Pol Agus Halimudin mengatakan kunjungan kali ini merupakan bagian dari pengecekan kesiapan dan kesiapsiagaan sejumlah pos pengamanan operasi ketupat semeru 2021 di jajaran Polda Jatim. “Ya ini dalam rangka pelaksanaan tugas penyekatan untuk mengarahkan para pemudik kembali ke daerah asal secara persuasif dan humanis sesuai SOP pencegahan Covid-19,” ujar Agus Halimudin.

Masih kata Agus Halimudin, pelaksanaan tugas dilapangan disesuaikan dengan SOP, diantaranya harus menjaga kesehatan dan keselamatan saat bertugas serta melakukan koordinasi yang baik dengan personil TNI/Polri. Tak hanya itu, ujar Agus Halimudin, dengan jajaran instansi terkait lainnya yang bertugas di pos pengamanan lebaran juga menjalin koordinasi. “Harus saling koordinasi dengan lintas elemen di pos pengamanan lebaran,” jelas Agus Halimudin.

Usai memberikan arahan, Tim Divpropam Mabes Polri juga meninjau kesiapan dan kesiapsiagaan personil Pos Ketupat Semeru 2021 baik secara administrasi dan sikap tampang berikut kerapian personil TNI-Polri, Satpol PP, BPBD dan jajaran tim medis. Sementara itu Wakapolres Situbondo mengaku siap dengan arahan yang disampaikan oleh Divpropam Mabes Polri. “Jajaran di Situbondo siap siaga,” jelas mantan Kasat Intelkam Polres Situbondo itu.

Pengamatan dilokasi menyebutkan, mesk saat ini masih berada dalam pandemi Covid-19, jajaran pos pengamanan lebaran Kota Santri Situbondo masuk dalam pengamatan instansi fertikal. Ini karena wilayah hukum Situbondo selain berada dalam lingkup jalur pantura juga merupakan jalur perbatasan dengan Banyuwangi yang notabene berbatasan dengan Pulau Dewata Bali. [awi]

Tags: