Mahasiswa Demo PU Pengairan Sampang

7-foto B lis- mahasiswa demo PU PengairanSampang, Bhirawa
Sejumlah mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Forum Imparsial (Forsi), melakukan aksi unjuk rasa ke kantor PU Pengairan Sampang. Mereka mendesak kepala PU Pengairan dan jajaran segera audit pekerjaan proyek fisik 2014 yang banyak mulai rusak, Selasa (13/1).
Aksi sejumlah mahasiswa tersebut mendapatkan pengawalan aparat kepolisian Polres Sampang, para pengunjuk rasa memulai aksinya mulai dari depan Pasar Srimangun Sampang menuju Kantor PU Pengairan Sampang di jalan Kusuma Bangsa Sampang.
Menurut Madus Hernandes koorlap aksi, puluhan pekejaan proyek fisik berupa kegitan kawasan kritis tanggap sungai dan danau berupa saluran, yang nilainya masing masing mencapai ratusan juta banyak ditemukan kondisinya sudah mulai rusak, misalnya lokasi proyek tersebut di Desa Beruh Kecamatan Sampang Kota, Desa Bencelok Kecamatan Jregik, Desa Aing Sareh Kecamatan Sampang kota, dan Desa Torjun Kec Torjun Sampang.
Lebih lanjut Madus mengatakan, proyek fisik di PU Pengairan yang baru selesai dikerjakan dan banyak yang rusak, sebagai salah satu indicator buruknya kualitas pekerjaan, oleh sebab itu, kami mendesak kepala PU Pengairan segera melakukan teguran langsung pada rekanan, bahkan kalau perlu rekanan yang tidak menjaga kualitas proyek harus dicoret dari daftar peserta lelang.
Sementara Toni Murdiwanto Kepala PU Pengairan Sampang saat menemui pengunjuk rasa, masukan dari para pengunjuk rasa akan menjadi catatan bagi dinasnya untuk segera melakukan cek langsung di lapangan, sebab pekerjaan proyek fisik 2014 masih ada masa pemeliharaan selama 6 bulan, oleh sebab itu, pihak rekanan wajib melakukan pemeliharaan jika ada pekerjaan fisik yang sudajh mulai rusak.
“Sebab, dana proyek fisik di PU Pengairan meski pekerjaan sudah 100 persen, tetapi dana tidak dicairkan semuanya, hanya 95 persen yang dicairkan, sedangkan sisanya 5 persen digunakan untuk pemeliharaan proyek fisik,” jelasnya.
Setelah mendengar penjelasan kepala PU Pengairan, akhirnya massa membubarkan diri dengan tertib, meski aksi sempat membuat macet jalan raya, namun aparat kepolisian langsung mengatur jalannya lalu lintas
disepanjang lokasi aksi. [lis]

Keterangan Foto : Mahasiswa demo kantor PU Pengairan Sampang [Nurkholis/ Bhirawa]

Rate this article!
Tags: