Mahasiswa UMM Juarai Lomba Fotografi Nasional

Khadijah Nurul Fitri

Kota Malang, Bhirawa
Khadijah Nurul Fitri, mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil meraih juara lomba fotografi tingkat nasional pada perlombaan MAZRABI 2020 yang diselenggarakan oleh Universitas Al-Azhar Indonesia pada tanggal 14-20 Desember yang lalu.

Dalam perlombaan ini panitia mengambil tema “Pahlawan di Masa Pandemi”.
Setelah tiga hari berkeliling Jombang untuk mengambil foto, Nurul akhirnya ia memutuskan untuk memotret para driver ojek online. Meski sepele, tapi Nurul menganggap peran para driver ojek online di masa pandemi sangat besar. Mereka membantu masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah serta berinteraksi dengan banyak orang.

Anak kedua dari tiga bersaudara ini juga bercerita bahwa dirinya mulai tertarik dan menekuni hobi fotografi sejak setahun yang lalu. Dia belajar semua teknis fotografi secara otodidak melalui internet. Namun karena masih pemula, ia banyak mengalami kendala teknis dalam persiapan lomba.

“Saya memotret street photography selama tiga hari. Setelah selesai memotret, biasanya saya meminta pendapat senior-senior di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang saya ikuti secara daring. Mereka banyak memberi saya saran mengenai masalah teknis yang sering saya hadapi. Salah satunya pengaturan iso yang tepat dan angle dalam fotografi” ujar mahasiswa kelahiran Jombang ini.

Nurul mengaku bahwa dirinya sama sekali tidak menyangkan akan dapat meraih juara satu dalam kompetisi itu. Pasalnya peserta lain memiliki teknik dan kualitas foto yang lebih bangus ketimbang dirinya. Perlombaan ini juga merupakan lomba fotografi tingkat nasional yang pertama kali ia ikuti.

“Saya sama sekali tidak menduga bisa memenangkan perlombaan ini. Saya juga sangat bersyukur karena dapat mengharumkan nama prodi dan kampus serta membuat orang tua saya bangga. Kedepannya saya akan terus melatih skill fotografi saya dan kembali mencetak karya-karya lainnya” ujar Nurul.(mut)

Tags: