Maksimalkan Kinerja, Awal Tahun 2021 Kades Jiwut Blitar Mutasi Perangkat Desa

Kepala Desa Jiwut Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, Yanwar saat melaksanakan Mutasi Jabatan Perangkat Desa Jiwut yang baru di Balai Desa Jiwut, Rabu (20/1) [Hartono/Bhirawa]

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Meningkatkan kinerja Pemerintah Desa, Kepala Desa Jiwut Kecamatan Nglegok lakukan mutasi Perangkat Desa yang dihadiri langsung oleh Muspika Kecamatan Nglegok, Tokoh Agama maupun masyarakat di Balai Desa Jiwut (20/1)

Kepala Desa Jiwut Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, Yanwar mengatakan kegiatan Mutasi Jabatan di Pemerintah Desa Jiwut sudah sesuatu hal yang wajar dan sah-sah saja, karena sesuai dengan regulasi tersebut sudah tertuang di Permendagri, Perbup dan Perdes.

“Sehingga, rotasi jabatan ini merupakan hal yang wajar, dan salah satu tujuan mutasi Perangkat Desa ini untuk penyegaran dan saling mengenal di tempat yang baru, serta semua Perangkat Desa bisa merasakan bagaimana jika berada di posisi yang baru dan supaya petugas tidak jenuh,” kata Yanwar.

Tambah Yanwar, pada Mutasi Perangkat Desa ini ada lima jabatan yang dilelang, diantaranya, Sekretaris Desa, Kasi Kesra, Kaur Umum, Kaur Perencanaan dan Kamituwo yang juga diharapkan, dapat memberikan output yang bagus bagi kemajuan Pemerintah Desa Jiwut.

Hal senada juga diungkapkan Camat Nglegok, Aan Ernawanto, dimana pelaksanaan rotasi jabatan Perangkat Desa sudah sesuai dengan peraturan berlaku, dimana Kepala Desa memiliki kewenangan penuh dalam masa jabatannya untuk melakukan lelang jabatan kepada bawahannya.

“Ini hal yang wajar dan merupakan kewenangan Kepala Desa, sehingga kami juga berharap Pemerintahan Desa bisa lebih maksimal lagi dalam melayani masyarakat,” ujar Aan Ernawanto.

Secara terpisah, Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blitar, Dwi Novyanto mengatakan, terkait rotasi jabatan perangkat desa sudah diatur di peraturan daerah nomor 10 Tahun 2019. Sehingga, Kepala Desa diperbolehkan melakukan mutasi jabatan sebanyak dua kali dalam satu periode kepimpinannya.

“Sesuai dengan mekanisme, bagi Kepala Desa yang ingin merotasi jabatan Perangkat Desa juga harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan Camat setiap wilayah, dan pelaksanaan mutasi Perangkat Desa Jiwut sudah sesuai dengan mekanisme,” pungkasnya. [htn]