Mal Pelayanan Publik Pemkab Lamongan Direspons Positif

Bupati Yuhronur Efendi saat melakukan sidak ke Mall Pelayanan Publik Kab.Lamongan, dan masyarakat merasakan manfaat akan adanya teribosan Kab.Lamongan tersebut dalam hal pelayanan masyarakat.(Alimun Hakim/Bhirawa).

Lamongan, Bhirawa
Keberadaan Mal Pelayanan Publik yang dimiliki Kabupaten Lamongan semakin dirasakan oleh masyarakat. Pelayanan publik yang baik, cepat, mudah, tidak berbelit-belit, terintegrasi dalam satu tempat,tanpa pungli dan berbasis digital semakin memanjakan pelayanan.

Mal Pelayanan Publik (MPP) Lamongan yang resmi dioperasikan sejak 10 Februari lalu oleh Menpan-RB Tjahjo Kumolo tersebut merupakan isi dari lima fokus utama Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dalam 100 hari kerjanya.

Bupati yang akrab disapa Pak YES ini bertekad mwujudkan 100 persen pelayanan publik yang berkualitas dan berbasis digital. “Ini merupakan tekad dan komitmen pelayanan yang teraplikasikan dengan baik,” ujar Bupati Yuhronur saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke MPP, Selasa (9/3).

Saat sidak, Bupati YES berbincang langsung dengan salah seorang warga pengguna layanan di MPP Lamongan bernama Sindi Liyani. Menurut Sindi, keberadaan MPP sangat membantu memudahkan dalam urusan kependudukan yang dulunya dirasa berbelit-belit.

“Saya ini mau ngurus akte kelahiran anak. Pelayanannya sangat baik, cepat, dan mudah sekali. Daripada yang dulu-dulu kan mesti antri panjang gitu. Ribet harus ke sana – ke sini, sekarang enggak. Ini dari kelurahan sudah langsung ke sini selesai,” ungkap Sindi Liyani.

Sindi sendiri merupakan warga Kelurahan Banjarmendalan,dia bercerita dulunya saat mengurusi hal serupa pelayananya membutuhkan waktu bisa sampai 1 mingguan.Namun dengan adanya MPP sekarang bisa diselesaikan lebih cepat, yakni sehari jadi. “Yang dulu kan dari kelurahan, ke kecamatan, baru Capil. Sekarang kan dari kelurahan saja langsung ke MPP. Ini saya tinggal nunggu e-mail, tinggal cetak. Cetak sudah selesai nanti kita sudah bisa pulang,” imbuhnya.

Pemerintah Kabupaten Lamongan akan terus berupaya untuk merealisasikan dan mewujudkan pelayanan-pelayanan publik yang berkualitas, cepat, dan benar-benar mampu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Lamongan.

“Kami akan terus berupaya untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dengan kemudahan dan ketepatan waktu pelayanan, tetap semangat untuk bermanfaat bagi masyarakat Lamongan,” tegas Yuhronur.[aha,yit]

Tags: