Mal Pelayanan Publik Pemkab Sidoarjo Layani 168 Jenis Layanan

Dispendukcapil Sidoarjo salah satu OPD yang akan menempati stand di mal pelayanan publik Sidoarjo. [alikus/bhirawa].

(Dilaunching Akhir Januari 2019 ) 

Sidoarjo, Bhirawa
Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kab Sidoarjo akan dilaunching pada akhir Bulan Januari tahun 2019 mendatang. Acara tersebut rencananya akan menghadirkan undangan khusus dari KemenPAN RB dan Ombudsman RI.
Kepala Bagian Organisasi Pemkab Sidoarjo, Ahadi Yusuf, menyampaikan OPD dan lembaga yang akan menempati dan akan memberikan layanan di MPP tersebut, belum lama ini, sudah melakukan MOU dengan Bupati Sidoarjo untuk menempati MPP yang berlokasi di gedung serba guna di area lingkar timur Sidoarjo itu.
OPD yang termasuk peserta MPP ini, kata Yusuf, diantaranya Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Dispendukcapil, Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo.
Sementara OPD yang termasuk pendukung, diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perempuan Perlindungan anak dan KB (DPMDPPAKB) dan Dinas Perpustakaan. OPD ini akan memberikan layanan KB, tempat main anak. Perpustakaan dan tempat menyusui bayi.
Juga ada layanan dari BPR Delta Artha, PDAM Delta Tirta, PT Telkom dan PT Pos.
Juga ada lembaga pendukung lainnya dari Kepolisian yang mengeluarkan SKCK dan SIM. Samsat, BPN, Kemenag, Imigrasi dan BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.
“Total ada 23 unit kerja peserta maupun pendukung di MPP ini, mereka akan layanani 168 jenis item layanan disini,” jelas Yusuf saat dihubungi Selasa (25/12) kemarin, kepada Bhirawa.
Untuk OPD/lembaga yang bersifat komersial, untuk menempati MPP ini, kata Yusuf sifatnya sewa aset. Sedangkan OPD/lembaga yang bersifat non komersial sifatnya hanya pinjam pakai saja.
Menurut Yusuf, OPD/lembaga yang akan menempati MPP ini akan mulai masuk pada 2 Januari 2019 untuk melakukan persiapannya. Kemudian akan dilakukan uji coba selama seminggu. Pada akhirnya akan dilaunching pada akhir Bulan Januari 2019 dengan mengundang KemenPAN RB dan Ombudsmen.
Saat menyaksikan penandatanganan MOU menempati mal pelayanan publik Sidoarjo, di Pendopo Delta Wibawa, belum lama ini, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, menegaskan semoga dengan munculnya mal pelayanan publik Sidoarjo tersebut akan bisa memberikan kemudahan, kenyamanan, kecepatan, keterjangkauan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik yang lebih baik.
“Adanya MPP ini kita berusaha mendekatkan pelayanan pada masyarakat, juga sebagai tempat layanan alternatif dari tempat layanan publik yang sudah ada di Sidoarjo,” kata Bupati Sidoarjo yang akhir tahun 2018 ini kebanjiran mendapat penghargaan dari Pusat soal penerapan pelayanan publik di Kab Sidoarjo.
Kondisi MPP Sidoarjo ini, lanjut Bupati Saiful Ilah akan terus mengalami penyesuaian dan perbaikan secara bertahap, guna memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Disampaikannya mal pelayanan publik Sidoarjo yang berlokasi di Gedung Serba Guna Lingkar Timur itu, saat ini pembangunannya telah selesai pada tahap finishing interior serta sarana pendukung lainnya. (kus)

Tags: