Manfaatkan Bio Industri, BKPPP dan PKK Gelar Lomba

Ketua TP-PKK Kabupaten Situbondo, bersama Wakil Ketua DPRD Rudi Afianto dan Bupati Dadang Wigiarto saat mencicipi hasil masakan lomba cipta menu.

Ketua TP-PKK Kabupaten Situbondo, bersama Wakil Ketua DPRD Rudi Afianto dan Bupati Dadang Wigiarto saat mencicipi hasil masakan lomba cipta menu.

Situbondo, Bhirawa
Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKPPP) Kabupaten Situbondo bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten menggelar lomba menu, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan program pertanian bio industri berbasis pangan.
Ada beberapa program dan strategi unggulan yang dibangun BKPPP bersama TP-PKK agar kegiatan tersebut berkembang cepat diantaranya, program B2SA (bergizi, beragam, seimbang dan aman).
Acara dipimpin langsung Ketua TP-PKK Hj Ummi Kulsum, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, Sekda Syaifullah bersama jajaran Forpimda. Tak ketinggalan, seluruh karyawan BKPPP Situbondo beserta camat se-Situbondo dan PKK kecamatan ikut antusias dalam kesuksesan acara tersebut.
Kepala BKPPP Kabupaten Situbondo, Budi Priono, melalui Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Saiful Kodri, menuturkan, kegiatan lomba menu diadakan untuk menciptakan menu masakan yang memiliki dampak positif bagi peningkatan pembangunan ekonomi Situbondo kedepan. “Kita ingin ada menu spesial yang dimiliki Situbondo,” tegas Saiful Kodri.
Masih kata Saiful, guna menghasilkan kualitas rasa masakan dan minuman yang menarik, BKPPP Situbondo bersama PKK melibatkan sejumlah tim juri berpengalaman, seperti Saiful, dari SMKN I Panji, Dinas Kesehatan, UPT PK Situbondo, Hotel Rosali dan TP-PKK Situbondo. “Yang dinilai salah satu diantaranya, menu makan pagi, makan siang dan makan malam. Persisnya menu untuk kalangan rumah tangga,” urai Saiful.
Adapun jumlah peserta lomba menu masakan melibatkan 22 peserta yang terdiri dari 17 kecamatan se-Kabupaten Situbondo, Organisasi wanita seperti muslimat NU, kalangan perbankan dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Situbondo. “Rasa dan nikmatnya sangat luar biasa dari hasil lomba masakan saat ini. Terbukti dari masakan dan minuman salah satu peserta lomba ini memiliki cita rasa yang menggoda selera lidah,” timpal Rudi Afianto, Wakil Ketua DPRD Situbondo. [awi]

Tags: