Manfaatkan Sampah Plastik dan Styrofoam Jadi Media Tanam

Sidoarjo, Bhirawa
Sebagai upaya dalam mengurangi sampah plastik, Kelompok 42 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dengan dosen pembimbing lapangan, Boy Isma Putra mengolahnya menjadi media tanaman. Apalagi, sampah plastik yang tak terbuang dan tak terolah akan sangat sulit terdegradasi oleh alam.
Anggota kelompok 42, Intan Afriza Malna mengungkapkan dalam pemanfaatan sampah plastik sebagai media tanaman ini pihaknya memilih gelas aqua bekas yang banyak ditemukan disekitar lingkungannya. Hal di lakukan untuk membantu pengurangan sampah plastik.
“Gelas aqua kami manfaatkan untuk media tanaman hydroponik. Kami juga menggunakan stayrofoam bekas,” ungkapnya, Sabtu (17/10).
Dikatakan Intan, ide tersebut terinspirasi saat meihat channel youtube tentang pemanfaatan limbah plastik. Dalam pemanfaatannya, ia berujar jika tak membutuhkan dana banyak dan lahan yang lebar. Terlebih, media tanam aqua bekas mudah untuk diaplikasikan.
“Untuk tanamannya kita pilih bibit kangkung dengan menmabahkn vitamin A dan B dalam tanaman,” katanya.
Lebih lanjut, proses pembuatan tersebut dengan melubangi gelas aqua agar mudah menyerap air. Kemudian, semai bibit kangkung dengan wadah berisi air dan semai semalaman.
“Perawatanya seperti media tanam tanah lainnya. Dilakukan penyemprotan dipagi dan sore hari, dan isi ulang air dalam stayrofoam selama tiga hari sekali,” pungkas dia.
Selian memanfaatkan sampah plastik bekas sebagai media tanam, kelompok 42 juga mengajak masyarakat Dusun Kedung Ules, RT 11 RW 06, Desa Kedung Cangkring, Jabon Sidoarjo untuk menanam tanaman rempah-rempah.
Dikatakan mahasiswa anggota kelompok 42, Firman Ardiansa menuturkan selama pandemi Covid-19, imun tubuh masyarakat harus kuat. Salah satunya dengan mengonsumsi olahan rempah-rempah.
“Karen itu kami mengajak warga untuk memanfaatkan pekarangan rumah mereka untuk menanam rempah-rempah menggunakan polybag,” urai dia.
Adapun jenis rempah-rempah yang ditanam mulai jahe, serai, temulawak untuk dijadikan minuman herbal yang dapat menjaga kestabilan system imun. [ach.ina]

Tags: