Manfaatkan Social Media Analytics, Ciptakan Creativepreneur Digital

DSI Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menggelar Webinar Social Media Analytics secara Daring.

Surabaya, Bhirawa
Direktorat Sistem Informasi (DSI) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menggelar Webinar Social Media Analytics secara Daring. Diharapkan, melalui kegiatan ini dapat mendorong generasi muda dalam menjalankan bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital.
Webinar ini dihadiri mahasiswa Untag 45 dari empat mata kuliah, yakni Technopreneurship dan Digital Content, E-Bisnis, Teknik Temu Kembali, dan Technopreneurship. Social media analytics ini berpengaruh atas rencana pembelajaran keempat mata kuliah itu.
Direktur DSI, Supangat MKom ITIL COBIT, yang juga merupakan dosen pengampu keempat mata kuliah itu mengungkapkan melalui webinar ini diharapkan mahasiswa memiliki gambaran terhadap tahapan-tahapan analytics.
“Paling tidak mahasiswa bisa memahami tahapan analytics yang kemudian dijadikan explotion pada social media. Tentunya ada kaitannya dalam keempat mata kuliah ini,” ujarnya, Senin (14/12).
Dalam webinar ini, beberapa topik dibahas. Diantaranya tahapan analytics, komponen social media, dan analisis social media. DSI Untag 45 juga menggandeng praktisi yang ahli di bidang Data Science yakni, Dhomas Hatta Fudholi ST MEng PhD yang merupakan Center of Data Science dari Universitas Islam Indonesia. Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan alur maupun fungsi social media anaytics (SMA).
“Social Media Analytics merupakan proses gathering data dari social media, data itu kemudian dianalisis, hingga memunculkan insight untuk kemudian menghasilkan sebuah keputusan,” jelasnya.
Dalam paparannya, Dhomas mempraktekkan bagaimana cara kerja analisis pada Twitter. Ia mencontohkan dalam segi bisnis, ketika sebuah perusahaan start up yang hendak merancang produk yang dibuatnya, pelaku bisnis dapat memanfaatkan data dari twitter untuk melihat produk apa saja yang sedang ramai dibicarakan orang atau yang banyak dibutuhkan masyarakat. [ina]

Tags: