Mantan Pecandu Narkoba Di Sidoarjo Diajak Olah Raga

Usai pertandingan persahabatan tim futsal mantan pecandu Narkoba dan tim futsal BNNK Sidoarjo berfoto bersama.

Usai pertandingan persahabatan tim futsal mantan pecandu Narkoba dan tim futsal BNNK Sidoarjo berfoto bersama.

Sidoarjo, Bhirawa
Banyak cara bisa dilakukan untuk menghilangkan ketergantungan dari Narkoba. Salah satunya dengan berolah raga. Cara ini yang selama ini telah dilakukan LSM Bina Hati di Sidoarjo, pada sekitar 20 mantan-mantan pecandu Narkoba yang berada di Kec Jabon dan Kec Porong.
Hampir tiap seminggu sekali, LSM yang bergerak di bidang kesehatan ini mengajak mantan pecandu Narkoba berolah raga futsal. Olah raga yang banyak menguras keringat ini sudah mereka lakukan sejak pertengahan tahun 2013 lalu. ”Karena itu kalau seminggu saja tidak main futsal, mantan pecandu Narkoba ini selalu mengajak main,” ujar Karyanto, dari LSM Bina Hati, belum lama ini.
Menurut pemuda asal Desa Trompo Asri, Kec Jabon itu, dengan bermain futsal mantan pecandu itu bisa berkeringat dan bisa berpikir positif. Sehingga waktu mereka tak lagi dipakai untuk berfikir negativ dan untuk mengkonsumsi Narkoba. Mereka kebanyakan berasal dari sejumlah kalangan, ada yang sudah bekerja, yang drop out dari sekolah dan ada yang pengangguran. ”Kegiatan yang kami namakan after care ini akan terus dilakukan, agar hidup mereka bisa bebas dari Narkoba,” ujar pemuda 27 tahun itu.
Belum lama ini, para mantan pecandu Narkoba itu oleh LSM Bina Hati ini dicoba untuk tanding persahabatan dengan tim futsal dari BNNK Sidoarjo, di lapangan futsal Mega di Jl Bhayangkari, Porong. Hasilnya tim futsal mantan pecandu Narkoba ini mampu menggulung tim futsal BNNK Sidoarjo dengan skor telak 17-6.
Meski mereka mantan pecandu Narkoba, namun mereka nampak tak terlalu kelelahan saat bertanding. Beda dengan tim futsal yang dipimpin langsung oleh Kepala BNNK Sidoarjo, Supriyanto. Kemenangan telak mantan pecandu ini bisa jadi karena rutinitas latihan olah raga yang mereka lakukan tiap pekan. Beda dengan tim dari BNNK Sidoarjo yang memang jarang latihan.
Kepala BNNK Sidoarjo, Supriyanto, mengaku senang dengan kegiatan yang dilakukan para mantan pecandu Narkoba itu. Karena dengan berolah raga bisa membuat jasmani mereka jadi sehat. ”Rohani mereka juga akan jadi sehat, sebab waktu luang mereka dipakai untuk hal-hal yang positif,” kata Supriyanto.
Menurut Supriyanto, apa yang dilakukan LSM Bina Hati itu hendaknya dicontoh dan ditiru kalangan masyarakat lain dalam mencegah penyalahgunaan Narkoba dan memberdayakan mantan pecandu Narkoba. Karena itu, BNNK Sidoarjo siap bekerja sama dengan semua kalangan masyarakat yang membantu terlaksananya program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Kab Sidoarjo. [ali]

Tags: