Masak Gunakan Tungku, Kandang Berisi 60 Ekor Ayam Ikut Ludes Terbakar

Upaya pemadaman api dalam kebakaran yang terjadi di Jl.Darsono Kelurahan Ngaglik, Kota Batu, Kamis (30/1) siang.

Kota Batu,Bhirawa
Warga Kelurahan Ngaglik, Kota Batu atas nama Karnadi masih menggunakan tungku kayu bakar untuk memenuhi kebutuhannya memasak. Namun akibat lalai saat memasak air, api ditungku menjalar ke perabot dapur sehingga menyebabkan rumah korban yang berada di Jl.Darsono terbakar, Kamis (30/1) siang. Dalam kebakaran tersebut, sebuah kandang besar berisi 60 ekor ayam ikut ludes terbakar.
Api yang berkobar dengan cepat memaksa Karnadi bersama penghuni rumah yang lain cepat meninggalkan TKP untuk cepat menyelamatkan diri. Namun 60 ekor ayam yang ada dikandangnya tak dapat diselamatkan, dan Karnadi sendiri mengalami lupa bakar ringan.
Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Batu, Sasmito mengatakan bahwa kejadian kebakaran rumah milik warga Nganglik itu disebabkan karena korban lalai sedang merebus air dengan menggunakan tungku.
“Tungku yang dalam kondisi menyala kemudian ditinggal begitu saja, entah lupa atau bagaimana, kemudian Tungku yang letaknya dekat dengan kayu bakar itu menyebabkan api menjalar dan terjadi kebakaran,” Kata Sasmito saat dikonfirmasi, Kamis (30/1).
Begitu ada laporan adanya kebakaran dari warga, petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran kota Batu langsung menuju lokasi. Begitu juga TRC BPBD Kota Batu, Polres Batu, Babinsa, PMI, dan Tagana juga mendatangi TKP untuk melakukan upaya pemadaman.
“Kejadian itu berlangsung saat cuaca di kota Batu sebagian hujan ringan dan sebagian lagi hujan deras, sementara atas kejadian itu BPBD kota Batu melakukan Kaji cepat dan Pembasahan serta pembersihan sisa kebakaran,” jelas Sasmito.(nas)

Tags: