Masih PPKM Level 3, Kampung Budaya Polowijen Mulai Persiapan Beroperasi

Kota Malang, Bhirawa
Pemberlakuaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, masih ditetapkan bagi Kota Malang.

Meski begitu, tempat wisata mulai berbenah untuk kembali bisa beroperasi. Salah satunya Kampung Budaya Polowijen, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Isa Wahyudi, penggagas Kampung Ijen, berharap Kota Malang bisa segera turun ke level 2. Sehingga kampung budaya ini bisa kembali beroperasi.

“Kalau sudah level 2 nanti kita bisa buka kembali, rencananya awal Oktober nanti kita sudah bisa menerima tamu dan kunjungan wisata,” kata pria yang kerap disapa Ki Demang ini, Selasa (14/9) kemarin.

Sebelum kembali beroperasi, pihaknya pun kini telah melakukan berbagai persiapan terutama menyiapkan properti yang mendukung kampung budaya ini.

“Kami mulai menyiapkan batik, topeng , wayang, gambar, lukisan, dolanan yang untuk dijual,”ujarnya.

Ia mengungkapkan, selama PPKM ini sebenarnya Kampung Budaya Polowijen tidak tutup aktivitasnya, karena setiap hari Senin hingga Jumat warganya tetap melakukan aktivits rutin. Sementara pada Sabtu dan Minggu masih digelar latihan menari di sanggar.

“Aktivitas tetap ada saja, tetapi untuk kunjungan wisatawan selama PPKM masih tutup,” ungkap Ki Demang.

Nantinya, ketika Kampung Budaya Polowijen kembali dibuka untuk wisatawan, pihaknya memastikan jika penerapan protokol kesehatan secara ketat.

“Harus mencuci tangan warga, harus pakai masker, hand sanitizer. Mungkin nanti kalau ada kunjungan tidak dalam jumlah banyak, tetapi terbatas per kelompok untuk disebar tempatnya. Misal batik sendiri, lukis sendiri, jadi leluasa tidak ada kerumunan,” tandasnya. [mut]

Tags: