Masuki Bulan Desember, Pemkot Batu Buka Pendaftaran Seleksi JPTP

Kepala Dinas Pariwisata yang akan terpilih dalam seleksi JPTP nanti diharapkan mampu mengoptimalkan pengelolaan pariwisata alam Kota Batu

Kota Batu, Bhirawa
Memasuki bulan Desember ini, para Pejabat Eselon di Kota Batu bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti open bidding atau seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP).
Hal ini menyusul akan segera digelarnya seleksi JPTP oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Batu untuk enam kursi jabatan yang saat ini kosong.
“Insya Allah enam kursi kosong tersebut akan segera terisi. Pasalnya seleksi JPTP akan dibuka pada bulan Desember ini atau paling lambat bulan Januari 2020,” ujar Kepala BKPSDM, Siswanto saat dikonfirmasi, Minggu (1/12).
Siswanto menjelaskan bahwa enam kursi jabatan yang lowong dan akan segera dibuka adalah Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Satpol PP, Kepala Inspektorat, Asisten 1 Bagian Administrasi Pemerintahan, dan dua Staff Ahli Wali Kota Batu.
Dan sebelum lelang jabatan digelar, BKPSDM akan membentuk Panitia Seleksi (Pansel) yang terdiri dari Pemkot Batu, Pemprov Jawa Timur, dan perguruan tinggi.
“Pansel ini dibentuk setelah terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN),” tambah Siswanto.
Kemudian untuk mengikuti seleksi open bidding, para pendaftar harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan.
Di antaranya, berstatus PNS dari Pemkot Batu atau Pemda di Provinsi Jatim, berusia maksimal 56 tahun, dan berpangkat paling rendah pembina IVa, serta menjabat sekurang-kurangnya dua tahun.
“Untuk salah satu persyaratan, yaitu peserta harus menjabat eselon III masih menunggu juknis lebih lanjut. Karena nantinya pejabat eselon III, IV, dan V tersebut dialihkan menjadi jabatan fungsional,” jelas Siswanto.
Perubahan tersebut, lanjut dia, mengacu pada Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 393 Tahun 2019. Dalam SE tersebut Menpan RB melakukan langkah strategis dalam upaya kongkret untuk penyederhanaan birokrasi. [nas]

Tags: