Masyarkat Jangan Mengucilkan Pasien Covid-19 yang Sudah Sembuh

Sidoarjo, Bhirawa
Dirut RSUD Sidoarjo, dr Atok Irawan SpP, mengingatkan kepada warga masyarakat Kab Sidoarjo supaya tidak melakukan pengucilan atau diskriminasi terhadap pasien Covid-19 yang sudah sembuh dan dinyatakan sehat oleh dokter.

“Kalau memang sudah sembuh dan memang ada surat keterangan sembuh sehat dari dokter, jangan dikucilkan, kasihan mereka, supaya mereka juga bisa beraktivitas normal kembali,” komentar dr Atok Irawan, belum lama ini.

Menurut dokter spesialis paru-paru itu, kalau mereka dikucilkan, malah bisa jadi akan menurunkan kembali imunitas tubuh mereka. Sehingga akan mudah terserang penyakit lagi.

“Tetap kita bergaul, tapi juga tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan rutin mencuci tangan, ini yang harus diketahui oleh masyarakat,” lanjutnya kembali.

Dr Atok mengatakan di RSUD Sidoarjo sendiri, sampai saat ini sudah mengeluarkan surat keterangan sembuh kepada pasien Covid-19 sudah mencapai 2600 lebih. Demikian juga dari 11 rumah sakit swasta rujukan Covid-19 yang ada di Sidoarjo, juga mengeluarkan surat keterangan sembuh.

Agar masyarakat luas bisa tahu terkait pencegahan Covid-19, dr Atok mengatakan sudah melakukan kegiatan Webinar tentang tata kelola pencegahan Covid-19. Diikuti oleh semua lapisan masyarakt dan kalangan ASN di Pemkab Sidoarjo.

Di dalam acara webinar itu, dipaparkan oleh narasumber dokter dari RSUD Sidoarjo, bagaimana yang setelah dirawat dan diisolasi di rumah sakit. Supaya, antara yang baru saja sembuh dan yang belum sampai sakit, sama-sama bisa tahu, pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

“Harapan kita, supaya angka penularan Covid-19 di Sidoarjo bisa ditekan dan dicegah, termasuk dalam webinar itu kami sampaikan agar masyarakat tidak sampai mengucilkan pasien Covid-19 yang sudah sehat kembali,” katanya.

Update yang didapat pada 31 Oktober terkait kondisi Covid-19 di Kab Sidoarjo, ada tambahan 13 terkonfirmasi positip, tetapi juga 15 pasien Covid-19 yang berhasil sembuh.

Penambahan 13 konfirmasi positip itu berasal dari wilayah Kec. Sidoarjo 1, Kec. Buduran 3, Kec. Candi 1, Kec. Porong 3, Kec. Jabon 1, Kec. Krembung 1, Kec. Wonoayu 1 dan Kec. Sukodono 2 orang.

Sedangkan 15 orang penambahan Konfirmasi sembuh, berasal dari Kec. Sidoarjo 2, Kec. Buduran 1, Kec. Gedangan 2, Kec. Jabon 2, Kec. Taman 1, Kec. Krembung 1, Kec. Tulangan 1, Kec. Krian 1, Kec. Sukodono 1, Kec. Sedati 2 dan Kec Waru 1. (kus)

Tags: