Menaker Ida Fauziyah Imbau Pemda Beri Perhatian Khusus dan Rawat BLK

Jakarta, Bhirawa.
Menaker Ida Fauziyah minta Pemda harus memberi perhatian khusus dan merawat BLK (Balai Latihan Kerja) di daerahnya. Karena BLK merupakan asset penting dalam peningkatan kompetensi SDM. Sedang  pada para peserta pelatihan di BLK, diminta memanfaatkan “Usia” untuk melakukan hal-hal yng bersifat produktif. Dengan mengisinya berbagai pengetahuan dan ketrampilan yang sebanyak-banyaknya. Antara lain melalui pelatihan berbasis kompetensi.
“Pelatihan berbasis kompetensi, sangat penting guna menyiapkan tenaga kerja ber- pengetahuan. Juga trampil dan bersikap kerja sesuai dengan tuntutan kebutuhan industri atau pengguna kerja. Pelatihan yang dilakukan di BLK pemerintah maupun swasta, harus di desain sesuai kebutuhan pengguna tenaga kerja,” ucap Ida Fauziyah pada peresmian dimulainya Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK), gelombang I tahun 2020 di BLK Lubuk linggau-Sumsel, Minggu (23/2).
Disebutkan, keterlibatan pengguna tenaga kerja dalam pelatihan ini, sangat penting. untuk menciptakan Link and match, baik dari sisi dunia usaha maupun dari sisi tenaga kerjanya. Pemerintah berusaha untuk terus menekan tingkat pengangguran seminimal mungkin, dengan program-program berbasis kompetensi SDM. [Ira]

Tags: