Menaker Minta Gubernur Dorong Perusahaan Jaga Kelangsungan Usaha

Menaker Ida Fauziyah

Jakarta, Bhirawa.
Mengantisipasi dampak pandemi Covid-19, Menaker Ida Fauziyah, minta Gubernur se- Indonesia untuk mendorong para pimpinan perusahaan atau dunia usaha, menyusun perencanaan keberlangsungan usaha. Serta menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menaker RI nomor M/7/AS.02.02/V/2020 tentang rencana keberlangsungan usaha dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan protokol pencegahan penularan Covid-19 di perusahaan.

Penerbitan SE ini bertujuan untuk mlindungi keberlangsungan usaha dari dampak pandemi Covid-19. Dengan mempertahankan semua sumber utama usaha yang ada, untuk mendukung kegiatan esensial dalam lembaga usaha. Agar kegiatan usahanya tetap berjalan dengan baik selama masa pandemi dan mencegah penularan Covid-19 di perusahaan.

“Para pengusaha atau kalangan dunia usaha perlu mengambil langkah-langkah segera, sistematis dan efektif. Sebagai tindakan kesiap siagaan dengan menyusun perencanaan keber langsung usaha, menghadapi pandemi Civid-19,” ujar Menaker Ida Fauziyah, Rabu (3/6).

Disebutkan tahapan kegiatan untuk keberlangsungan usaha menghadapi pandemi adalah; Para pengusaha harus mengenali prioritas usaha, identifikasi resiko pandemi, merencanakan mitigasi resiko, identifikasi respon dampak pandemi, merancang. Dan mengemplementasikan perencanaan keberlangsungan usaha.Juga mengomunikasi kan perencanaan keberlangsungan usaha dan melakukn pengujian prencanaan keberlangsungan usaha.

“Sejak WHO menyatakan Covid-19 sebagai pandemi global pada 11 Maret lalu, penyebaran di beberapa wilayah terus meningkat. Karena itu para pengusaha hendaknya mengantisipasi secara serius dan meningkatkan kewaspadaan terhadap pandemi,” pinta Menaker.

Ditegaskan, apabila ditemukan pekerja yang memenuhi kriteria sebagai ODP (Orang Dalam pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam pemantauan) atau kasus konfirmasi positif Covid-19. Petugas kesehatan atau ahli K3 di perusahaan, harus melaporkan dan ber- koordinasi dengan instansi terkait. Serta melakukan sosialisasi tentang protokol isolasi diri sendiri (self isolation)

“Terkait hal tersebut, saya minta Gubernur untuk melaksanakan dan menyampaikan SE ini kepada Bupati/Walikota dan pimpinan perusahaan di wilayah kerja saudara,” ucap Menaker. [ira]

Tags: