Mengajak Menjadi Wirausaha Muda

Nabiel Rayhant

Sidoarjo, Bhirawa
Banyak anak muda di Kota Sidoarjo yang ingin menjadi ASN, tapi beda dengan Nabile Rayhan. Meski kedua orang tuanya juga seorang ASN, namun pemuda, kelahiran 18 Januari 2001 ini, malah ingin bercita-cita menjadi seorang wirausaha muda.
“Saya bercita – cita ingin menjadi seorang wirausaha itu ketika saat duduk di kelas XII,” ujar Rayhant, ditemui di tempat usahanya yang diberi nama Warung Kopi, di kawasan Ruko Boulevard Nomor 36 di kawasan Perumahan Nirwana Kahuripan Sidoarjo, belum lama ini.
Untuk mengembleng kemampuannya yang ingin menjadi seorang pebisnis dia belajar ilmu bisnis di Universitas Ciputra Surabaya, jurusan Internasional Bisnis Manajemen. Rayhan mengaku sementara ini, memang masih taraf merintis usaha kuliner di tempatnya itu. Namun bila pada saatnya nanti mendapatkan peluang, kesempatan dan kemampuan, maka tidak menutup kemungkinan akan menggeluti bidang yang lainnya.
“Bila suatu saat juga ada peluang dan kesempatan berbisnis di bidang lain, In sya Allah juga akan saya kerjakan, supaya ada pengembangan bisnis,” pendapatnya serius.
Pada awal wirausahanya yang bergerak di bidang kuliner saat ini, Rayhan mempunyai alasan masuk akal. Karena dirinya merasakan warga Kota Sidoarjo yang sudah masuk dalam semi metropolitan ini, dinilainya suka berkuliner. Baik bersama-sama dengan keluarganya, teman komunitas, teman sekolah, teman kuliah dan lainnya. Rayhan yang dulu sempat bercita – cita menjadi seorang Arsitek itu menyebutkan pengamatannya, usaha bidang kuliner di Kota Sidoarjo, tidak pernah sepi dengan pengunjung. Mulai dari remaja hingga dewasa. Apalagi pada saat weekend dan hari libur lainnya.
“Rata – rata tempat kuliner di Kota Sidoarjo ramai. Tentu saja mereka mempunyai ciri khasnya masing-masing,” ujar alumunus SMAN 4 Sidoarjo ini.
Ditempatnya yang asri, sejuk dengan banyaknya pepohonan di kawasan Barat kota Sidoarjo, yang kini juga mulai tumbuh kawasan hotel, apartemen, serta tempat kuliner itu, bisa dinikmati oleh pengunjung dari kalangan remaja generasi milieneal, maupun juga pengunjung dewasa. Sehingga kalau pada hari Selasa dan Rabu, pengunjung selain bisa menikmati jajanan dan minuman, juga disuguhi dengan menikmati live music era oldist atau musik kenangan memorabilia. Sedangkan pada Hari Jum at dan Sabtu, giliran musik untuk kaum milineal.
Rayhan mengajak kaum muda di Kota Sidoarjo, apabila masih sulit mendapatkan suatu pekerjaan, mungkin dicoba saja merintis menjadi seorang wirausaha. Bisa menekuni bidang – bidang yang sesuai dengan bakat minat dan kemampuannya.
“Menurut saya bila ada kemauan pasti ada jalan,” komentar anak muda yang tinggal di kawasan Perumahan Pondok Jati, Sidoarjo itu optimis. [kus]

Rate this article!
Tags: